Manajemen Penyelenggaraan Program Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar
(1) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru, Kota Bandung  Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru, Kota Bandung  Indonesia
(3) Universitas Bale Bandung, Kota Bandung, Indonesia  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.126272
Full Text: Language : id
Abstract
Keywords
References
Agustin, I. (2017). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Sumbersari 1 Kota Malang. Education and Human Development Journal, 1(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v1i1.290
Ambarita, A. (2020). Pembentukan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SD melalui Hybrid Learning pada Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 68. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107571
Amelia, R., Sartono, K. E., & Pasani, C. F. (2020). Kajian Neuroscience dalam Pengembangan Ilmu Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i1.110447
Arsanti, N. P., & Rosita, T. (2023). Membangun Kredibilitas Manajemen Pendidikan Dasar Melalui Penerapan Artificial Intelligence , Kompetensi Manajemen , dan Etos Kerja. 7, 483–493.
Azizah, A., & Purwoko, B. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 7(2), 1–7.
Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 94–100. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754
Candra Pratiwi, J. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” November, 237–242.
Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 223–227. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530
Farah, Arriani; Agustiyawati; Alifia, Rizki; Ranti, Widiyanti; Slamet, Wibowo; Christina, Tulalessy; Fera, Herawati; Theresia, M. (2022). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. In Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Gülsün, İ., Malinen, O. P., Yada, A., & Savolainen, H. (2023). Exploring the role of teachers’ attitudes towards inclusive education, their self-efficacy, and collective efficacy in behaviour management in teacher behaviour. Teaching and Teacher Education, 132. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104228
Herawati, N. I., Pendidikan, U., & Kampus, I. (2018). Re-Interpretasi dan Re-Orientasi Pendidikan Inklusif. 10(2), 128–132.
Herawati, N, I. (2021). Pendidikan Inklusif Dasar Teori dan Penerapan Pada Jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK. Bandung: UPI Press.
Ikramullah, & Sirojuddin, A. (2021). Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 131–139. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.36
Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099
Kielblock, S., & Woodcock, S. (2023). Who’s included and Who’s not? An analysis of instruments that measure teachers’ attitudes towards inclusive education. Teaching and Teacher Education, 122, 103922. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103922
Marti, A. D. (2012). Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Kota Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 1–13.
Murniarti, E., & Anastasia, N. Z. (2016). Pendidikan Inklusif di Tingkat Sekolah Dasar: Konsep, Implementasi, dan Strategi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 9(1), 9–18.
Ni’mah, N. U., Istirohmah, A. N., Hamidaturrohmah, & Widiyono, A. (2022). Problematika Penyelenggara Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jote, 3(3), 345–353.
Nurwan, T. W. (2019). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. JESS (Journal of Education on Social Science), 3(2), 201–212. https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss2
Perdana, R. (2020). Pengembangan Model Program Pembelajaran Individu (Ppi) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusif Kota Metro. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 7(2), 69–88. https://doi.org/10.21009/improvement.v7i2.17956
Ramanda, R., Akbar, Z., & Wirasti, R. A. M. K. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Body Image Bagi Perkembangan Remaja. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 121. https://doi.org/10.22373/je.v5i2.5019
Sahli Lozano, C., Wüthrich, S., Büchi, J. S., & Sharma, U. (2022). The concerns about inclusive education scale: Dimensionality, factor structure, and development of a short-form version (CIES-SF). International Journal of Educational Research, 111(September 2021), 101913. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101913
Siti, O. :, & Sholawati, A. (2019). Learning Management in Inclusion Education for Children With Special Needs At Sdn Kalirungkut-1 Surabaya. 2(1), 37–53.
Wati, E. (2007). Pedoman Khusus Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif: Manajemen Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, XIV(2), 368–378.
Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015–2020.
Article Metrics
Abstract Views : 268 timesPDF Downloaded : 105 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.