Pengembangan Media KUBIKAL Sebagai Sarana Pengenalan Konsep Dasar Perkalian di Kelas 2 Sekolah Dasar
(1) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung  Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung  Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.126064
Full Text: Language : id
Abstract
Keywords
References
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Aeni, A. N., Erlina, T., Dewi, D. P., Hadi, F. L., & Ramadhani, S. (2022). Aplikasi BETA (Belajar dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 101–113. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49203
Aeni, A. N., Kurnia, D., & Djuanda, D. (2019). The impact of information technology on the awareness of parents and high school students to pursue the higher education. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012029
Afifah, H. N., Fitrianawati, M., & Dahlan, U. A. (2020). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar.
Aliyah, A. A., & Purwanto, S. E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 921. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.946
Arina, D., Sri Mujiwati, E., Kurnia, I., Achmad Dahlan No, J. K., & Kota Kediri, M. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175.
Coyo, Rasiman, & Saputro Bagus. (2023). Pengembangan Media Animasi Kartun Dengan Software Unity Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Perkalian Pada Siswa Kelas II SD Negeri Klidang Lor 01. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 1339–1353.
Damayanti, P. A., & Qohar, Abd. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814
Desi Dwi Jayanti, Y., Kusumaning Ratri, A., PGRI Tulungagung, S., & Penulis, K. (2019). Implementasi Media Corong Berhitung Dalam Pembelajaran Matematika (Perkalian) Kelas II di SD Negeri 3 Gesikan Tulungagung. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 03(02). http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd
Fatimah, D. (2020). Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. In Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (Vol. 4, Issue 3).
Faujiah, S., & Muhammadiyah Hamka, U. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2588
Fauzi, Y. N., Irawati, R., & Aeni, A. N. (2022). Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2749
Fitriyani, N. A., Camiela, S. T., Putri, A. M., Maymanah, A., Dewi, I. F., & Mayanty, S. (2022). Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Android pada Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian untuk Pembelajaran di Kelas III Sekolah Dasar. Himpunan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 1–12.
Gutur, M., & Robyyani, L. (2021). Penggunaan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Operasi Hitung Perkalian. PERISKOP (Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 56–63.
Handayani, H., Luh, N., Nuraini, S., & Roebyanto, G. (n.d.). Pengembangan Media Game PERSIK “Perkalian Asik” pada Muatan Matematika Materi Perkalian Kelas II Sekolah Dasar (Development of PERSIK (Perkalian Asik) Media Game in Mathematics Content Multiplication Material for Second Grade Elementary School). In Teaching, Learning and Development (Vol. 1, Issue 1).
Hewi, L., Shaleh, M., & IAIN Kendari, P. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 30–41.
Isrok’atun. (2021). Memahami Konsep Dasar Matematika untuk PGSD (L. Darojah, Ed.; Cetakan pertama). PT Bumi Aksara.
Jazlina, N., Afiani, K. D. A., & Faradita, M. N. (2022). Pengembangan Media Ppt Interaktif Materi Perkalian Untuk Siswa SD Kelas 2 Selama Masa PPKM Darurat. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 12–22. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i1.878
Kurniawarsih, M., & Rusmana, I. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Budaya. 1(1). https://doi.org/10.46306/lb.v1i1
Kusumasari, D., Kiswoyo, & Sary Ryky. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 104–117. https://doi.org/10.22437/gentala.v6i1.12560
Luviana, R., Nuryani, D., Maulida, S. A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Ashatal (Arahan Shalat Digital) Bagi Siswa Kelas II SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 692. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8878
Marwah, S. S., Syafe’i Makhmud, & Sumarna, E. (2018). Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 14–26.
Matsum, H., & Sarmita, D. (2022). Development of Addie Model for Chapter Thaharah Learning Based on Game Applications in Junior High School. Jurnal Pendidikan Islam, 5, 543–554. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2126
Nursofia Zain, B. R., Saputra, H. H., & Musaddat, S. (2022). Analisis Kesulitan Memahami Perkalian 1 Sampai dengan 10 Siswa Kelas 2 SDN 3 Loyok Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1429–1434. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.788
Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. In Journal of Educational Studies (Vol. 4, Issue 2).
PISA. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2018. OECD Publishing. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69
Purwaningtyas, A. H., & Mardati, A. (2020a). Pengembangan Media Kartu Pintar (Katar) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Bagi Siswa Kelas II Sekolah Dasar. In Fundamental Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 1).
Purwaningtyas, A. H., & Mardati, A. (2020b). Pengembangan Media Kartu Pintar (Katar) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Bagi Siswa Kelas II Sekolah Dasar. In Fundamental Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 1).
Putri, S., Tiurlina, & Alfarisa, F. (2022). Pemanfaatan Alat Peraga Perkalian Berbasis Metode Motessori pada Pembelajaran Matematika Perkalian Kelas II di MI AR ROFI. JURNAL PERSEDA, V(2), 138–145.
Rahmatunnisa, S., Mutjaba, I., Pinasti, R., Barokah, R. A., & Rahmah, S. I. (2022). Pengembangan Media Papan Baper (Batang Perkalian) Dalam Materi Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Kelas II SDN Margahayu XIX. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Ratna Sari, A., Sujana, A., & Isrok, I. (2023). Development of Animated Videos to Enhance Students Mastery of Concepts in The Solar System. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v9i4.6437
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Sopian, S. B. P., Isrokatun, I., & Ismail, A. (2023a). Development of Android-Based Peta (Penjelajahan Matematika) Learning Media on Speed Learning Materials at a Fifth-Grade Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 277. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v12i2.9650
Sopian, S. B. P., Isrokatun, I., & Ismail, A. (2023b). Development of Android-Based Peta (Penjelajahan Matematika) Learning Media on Speed Learning Materials at a Fifth-Grade Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 277. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v12i2.9650
Winarti, W., Maulana, L., & Sutisnawati, A. (2021). Pengembangan Aplikasi Perkalian Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Siswa SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , VI(02), 126–138.
Yuliana Kasuma Dewi, D. P. A. (2023). Media Interaktif Berbasis Games-Quiz Materi Tumbuhan Muatan IPAS Kurikulum Merdeka Untuk Kelas IV. Educatio, 18(1). https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.18656
Article Metrics
Abstract Views : 179 timesPDF Downloaded : 89 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.