Model Pemberian Punishment dan Reward dalam Penanaman Kedisiplinan Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Surakarta  Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kota Surakarta  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i2.125393
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Addawiyah , R., & Kasriman. (2023). Peran Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Educatio, 9(3), 1516-1524.
Amini, N. A., & Hidayat, M. T. (2023). Tinjauan Pustaka Sistematis: Penanaman Nilai Karakter Kedisiplinan Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 147-157.
Anshori, S. (2020). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn 3 Wonoharjo Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1), 53-58.
Apriadi, R., & Mustika, D. (2023). Strategi Guru Dalam Membina Karakter Disiplin Bagi Siswa Kelas VSekolah Dasar Negeri 009 Kepau Jaya. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 250-261.
Desstya, A. (2015). Keterampilan Proses Sains dan Pembelajaran Ipa di Sekolah Dasar (Telaah Buku Siswa Kelas IV SD Tema 2 Karya Sumini). Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 95-102.
Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2017). Refleksi Pendidikan Ipa Sekolah Dasar di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 1-11.
Fardilah, E., Ariza, H., & Sufyan, M. (2023). Implementasi Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 1 Lareh Sago Halaban. Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 747-754.
Fiteriani, I., Mulyani, L. D., Sa’idy, S., & Baharudin, d. B. (2023). Improving Science Conceptual Understanding and Science Process Skills in Elementary School using Predict-Observe-Explain Learning Model. Jurnal Pendidikan MIPA, 24(1), 225-234.
Fransisca, Y. (2023). Strategi Baru Guru Bimbingan Konseling dalam Pembenahan Sikap dan Disiplin Siswa SMP. 06(01), 6864-6876.
Harni, S., & Tarjiah, I. (2018). Implementasi Teori Behaviorisme Dalam Membentuk Disiplin Siswa SDN Cipinang Besar Utara 04 Petang Jatinegara Jakarta Timur. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 127-138.
Ismail, M. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan menjaga kebersihan di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59-68.
Kurniawati. (2021). Peningkatan kedisiplinan melalui metode reward and punishment pada Siswa Kelas 2 SDN Keputran. Foundasia, 12(1), 9-19.
Njeru, E. K. (2013). An Investigation Of The Effectiveness Of Rewards And Punishment In Promoting Discipline In Preschools In Chogoria Zone, Maara District Of Eastern Kenya. University of Nairobi Research Archive, 1-39.
Nurrohmatullah, A., & Mulyawati, I. (2022). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8441-8449.
Rijal, A., Affandi, I., Kosasih, A., & Somad, M. A. (2023). Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Untuk Menumbuhkan Budaya Positif di Lingkungan Sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 332-345.
Sari, D. A., Jamaludin, U., & Taufik, M. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment Di Sd Unggulan Uswatun Hasanah. ATTADIB: Journal of Elementary Education, 3(1), 1-16.
Sayekti, I. C., & Kinasih, A. M. (2017). Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Ipa pada Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 97-105.
Sulindawati, N. G. (2018). Analisis Unsur-Unsur Pendidikan Masa Lalu Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pembelajaran Pada Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 51-60.
Uge, S., Arisanti, W. O., & Hikmawati. (2022). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. (Elementari School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah dasar, 6(2), 460-476.
Utomo, W. A., Refiane, F., Nugroho, A. A., & Maryati. (2023). Pemahaman Hak dan Kewajiban Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 826-830.
Wijaya, I. A., Wijayanti, O., & Muslim, A. (2019). Analisis Pemberian Reward dan Punishment pada Sikap Disiplin SD N 01 Sokaraja Tengah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 84-91.
Article Metrics
Abstract Views : 184 timesPDF Downloaded : 44 times
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.