Integrasi Sejarah Lokal Blora Menggunakan Model CTL untuk Meningkatkan Pengetahuan Sejarah Siswa Sekolah Dasar
(1) Universitas Terbuka, Kota Semarang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang  Indonesia
(3) Universitas Terbuka, Kota Jakarta  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i2.124414
Full Text: Language : id
Abstract
Keywords
References
Abdullah, Taufik. (1992). Sejarah Lokal di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Abdul Majid. (2014). Penilaian Autentik: Proses dan Hasil Belajar. Badung: Remaja Rosdakarya,
Adhi Kusumastuti. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Semarang: Lembaga Pendidikan Sukrno Pressindo.
Aminuddin. (1987). Pengajaran Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru
Amiruddin. (2016). Peran Pendidikan Sejarah dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding
Anisa Zaenatun dkk. (2021). Pengaruh Pembelajaran Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Volume 5, Nomor 2, Desember2021, hlm 183
Armadi, A., & Astuti, Y. P. (2018). Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 185-195.
Agus N. Cahyo. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogjakarta: Diva Press
Anjar Mukti Wibowo. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA Kota Madiun. Jurnal Agastya, 6(1)
Anwar, R. (2014). Hal-hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1): 97-106.
Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, D.S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmani, Jamal. (2013). Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press
Burhan, Bungin. (2008). Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media
Depdiknas. (2007). Model Pembelajaran Kontekstual 2 .Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Etmi Hardi. (2017). Pembelajaran Sejarah Bermuatan Lokal Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sumatera Barat. Jurnal Diakronika, 17(2), 153-162
Forgarty,R. (1991). How to Integrated the Curricula. Palatine, IIInois: IRI/Skylight Publishing,Inc.
Saud, S. Udin. & Resmini, N. (2006). Pembelajaran Terpadu (Bahan Belajar Mandiri). Bandung: UPI Press
Ibnu Setiawan. (2014). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Balajar–Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, diterjemahkan dari karyar Elaine B. Johnson,Contextual Teaching and Learning: what it is and why it is here to stay. Bandung: Mizan
I Ktut Rindawan. (2014). Landasan Hukum Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Bagi Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Widya Acharya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085-0018 Oktober 2014
Jumardi dan Sivi Mei Pradita. (2017). Peranan Pelajaran Sejarah dalam Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Nilai Sejarah Lokal di SMA Negeri 65 Jakarta Barat. Jakarta: Jurnal Pendidikan Sejarah, 16(2), 1-11.
Kokom Komalasari. (2013). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama cet.3.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Kuntowijoyo. (1995). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang
Madjid, M. Dien dan Johan Wahyudhi. (2014). Ilmu Sejarah Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenada Media Group
Margono, S. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cetakan ke-5. Jakarta: Rineka Cipta
Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-25. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
Nana Sudjana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offse
-----------------. (2014). Penilaian dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Nuryadi dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian, Yogyakarta: Sibuku
Poerwodarminto. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Prastowo, Andi. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Pranoto, Suhartono W. (2014). Teori dan Metodologi Sejarah. Jakarta: Graha Ilmu
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing
Sani, R. A. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara
Silviana Nasrul. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah, 2(1), 85-97
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Trianto. (2014). Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:
Prestasi Pustaka.
Udi Fakhruddin. (2018). Konsep Integrasi dalam Sistem Pembelajaran Mata Pelajaran Umum di Pesantren. Jurnal Ta’dibuna 7(2), 214-232 DOI:10.32832/tadibuna.v7i2.1394.
Wali, M., Mbabho, F., & Pali, A. (2020). Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 404-411.
Article Metrics
Abstract Views : 130 timesPDF Downloaded : 23 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.