Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Wordwall Terhadap Hasil Belajar Kelas V Sekolah Dasar
(1) Universitas Negeri Padang, Kota Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang, Kota Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i2.122956
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press. SUKA Press. Diakses pada laman https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint
Amelia, K., & Muhammadi. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus I Kecamatan Guguak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2130–2138.
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Caswati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Sisiwa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 3 Kertasura. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 6(3), 1–5. https://pdfs.semanticscholar.org
Delvira, A., & Alwi, N. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu di Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 367–378.
Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Liebech-Lien, B. (2021). Teacher teams – A support or a barrier to practising cooperative learning? Teaching and Teacher Education, 106, 103453. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103453
Mardiana, Y., Ambarita, A., & Sudirman, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Publikasi Pendidikan, 10(3), 223. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15159
Nurdi, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial (Lutfiah (ed.)). Media Sahabat Cendekiia. http://eprints.ipdn.ac.id/
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizmania Learning Center. http://eprints.umsida.ac.id/296/1/Buku Model Pembelajaran Inovatif.pdf
Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Deepublish. http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1796/1/FULLBOOK.pdf
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books. https://lemlit.unpas.ac.id/
Rapono, M., Safrial, & Wijaya, C. (2019). Urgensi Penyusunan Tes Hasil Belajar: Upaya Menemukan Formulasi Tes Yang Baik dan Benar. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 95. https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12227
Reinita. (2022). Peningkatan Proses Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKN Menggunakan Model Picture And Picture Di Kelas IV SDN 01 Pancung Soal Pesisir Selatan. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 11(1), 290–303.
Reinita, R., & El Fitri, A. (2019). The Effect of Cooperative Two Stay Two Stray Model on Civics Learning Outcomes of Primary School Students. Atlantis Press, 382, 433–437. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.109
Retnawati, H. (2017). Teknik Pengambilan Sampel. FMIPA Pendidikan Matematika UNY.
Rifa’i, A. A. (2019). Pengantar Penelitian Pendidikan (R. Muawwanah (ed.)). PPs. IAIN SAS Babel.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). CV. Bumi Maheswari.
Rusdi, A. P., & Zuardi. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match Kelas V SDN 06 Sitiung Dharmasraya. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2425–2436.
Sari, J., Hermansah, B., & Prasrihamni, M. (2023). Pengaruh Media Konkret Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7, 15–24.
Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5453–5460. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3332
Sofiasyari, I., Kurniawati, I., & Guntur, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Ajar IPS Berbasis Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 174–183. https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i2.119820
Sudarsono, S., & Mulyani. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Aplikasi Web Wordwall Pada Pelajaran Matematka Materi Bilangan Ganik Genap Kelas II SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(8), 3059–3068. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/42148
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Surahmawan, A. N. I., Arumawati, D. Y., Palupi, L. R., Widyaningrum, R., & Cahyani, V. P. (2021). Penggunaan Media Wordwall sebagai Media Pembelajaran Sistem Pernafasan Manusia. Pisces, 1(1), 95–105.
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif (R. Ananda (ed.)). Citapustaka Media. http://repository.uinsu.ac.id/
Teslo, S., Thurston, M., Lerum, Ø., Brekke Mandelid, M., Sørnes Jenssen, E., Resaland, G. K., & Eikeland Tjomsland, H. (2023). Teachers’ sensemaking of physically active learning: A qualitative study of primary and secondary school teachers participating in a continuing professional development program in Norway. Teaching and Teacher Education, 127, 104–113. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104113
Wicaksono, A. T., & Rahmawati, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Worksheet Materi Asam Basa Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa. Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal, 01(02), 74–81. https://doi.org/10.18592/alkawnu.v1i1.6402
Yeni, F., Zelhendri, Z., & Darmansyah. (2018). Penilitian Pendidikan. Prenadamedia Group. http://repository.unp.ac.id/22153/1/FETRI YENI J..pdf
Article Metrics
Abstract Views : 534 timesPDF Downloaded : 239 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.