Penerapan Quizizz Bernuansa Etnomatematika Melalui Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
![](/public/amplop.jpg)
(1) Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(2) Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(3) Universitas Negeri Semarang, Kota Semarang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(4) Institut Pendidikan dan Bahasa Invada, Kota Cirebon 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
![](/public/amplop.jpg)
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.120960
Full Text:
![](/public/downloadpdf.png)
Abstract
Keywords
References
Ahmad, H. (2020). Workshop Efektivitas Pembelajaran Daring Pada. Jurnal Maenpo: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10, 109–118.
Ainiyah, & Roisatul. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Gymnospermae di Kelas X SMA Negeri I Jombang. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu , 5(3), 43–51.
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A. (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Tarbiyah al-Awlad, 10(2).
Arzfi, B. P., Desyandri, D., Erita, Y., & Zen, Z. (2023). Integrated Thematic Teaching Materials With Microsoft Sway Based on Problem Based Learning Model in Elementary School. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(1), 38–49. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Danurahman, J., & Arif, D. B. (2021). Kajian Kegunaan Google Classroom dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(2), 254-263.
Fatra, M., Rizki, A., & Maryati, T. K. (2020). Concept-Based Learning dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(1), 73-85.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237
Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Kritis Matematik: Eksperimen terhadap Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2 (1): 35–45. Dapat diakses pada http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=319603
Lakapu, P. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Media Kliping Koran dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 725-738.
Masitoh, I., & Prabawanto, S. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksloratif. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 186-197.
Melindawati, S., Apfani, S., & Irma Suryani, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Konsep Dasar IPS di STKIP Adzkia. 5(2). http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd
Mujisuciningtyas, N. (2014). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sarana Prasarana Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Praktik di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 103-115. Dapat diakses pada https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/download/718/570
Mukhadis, A. (2013). Sosok manusia indonesia unggul dan berkarakter dalam bidang teknologi sebagai tuntutan hidup di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2).
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73.
Nafisaturrafiah, N., Setianingsih, E. S., Subekti, E. E., Article, H., Subekti, E., Berbasis, P., Quizizz, G., & Semarang, K. (2021). Keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Game Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 8 Subtema 1 Di Sd Negeri 2 Menawan Kabupaten Grobogan. LITERASI (Jurnal Pendidikan Dasar), 1(1), 1–8.
Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(2).
Noor, A. J., & Husna, R. (2017). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achiviement division (STAD). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).
Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115-127.
Nursyifa, A. (2019). Transformasi pendidikan ilmu pengetahuan sosial dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Journal of Civics and Education Studies, 6(1), 51-64.
Pendy, A., Suryani, L., & Mbagho, H. M. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 19–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1661
Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 58-64.
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Viii Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).
Pujiastutik, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E- learning Berbasis Web pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan, 4(1), 12. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/46
Putri, N. E., & Aisiah, A. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Quizizz di SMA Negeri 2 Padang. Jurnal Kronologi, 3(4), 336–342.
Rahim, R., & Rahman, M. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 232. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.1845
Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Suharsaputra, U. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Sumayani, S., Zaenuri, Z., & Junaedi, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Suku Sasak Kajian Makanan Tradisional. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. (3), 521-526.
Article Metrics
![](/public/grafik.png)
![](/public/pdf.jpg)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.