Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu denganMenggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV SDN 20 Muara Jambu
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang, Kota Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i1.113315
Full Text: Language : ina
Abstract
Keywords
References
Al-Tabany, T.I.B. 2015. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta : Prenadamedia Group.
Arikunto, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Adetya, O., & Desyandri, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model P roblem Based Learning ( PBL ) di Sekolah Dasar Improvement of Integrated Thematic Learning Outcomes Using The Problem Based Learning ( Pbl ) Model in Elementary School. 7.
Desyandri, D., & Maulani, P. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107576
Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16. https://doi.org/10.29210/129400
Faisal. 2014. Sukses Mengawali Kurikulum 2013 di SD Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Diandra Creative
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia
Iskandar. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: GP Press Group.
Jihad, Asep & Haris, Abdul. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kadir, Abd & Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Kemendikbud. 2014. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Depdikbud
Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Kencana.
Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Pelangi. Vol.9 (No.2 2017), 108-112.
Lena, M. S, dkk. (2019). Metode Penelitian. Malang: CV IRDH
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ma’ruf, I, M., Kristin, F., Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4. Jurnal Basicedu (Vol 3 No 2), 306-312.
Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: DIVA Press.
Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rumini & Wardani, N. S. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tema Berbagai Pekerjaan Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas 4 SDN Kutoharjo 01 Pati Kabupaten Pati. Jurnal Program Studi PGSD FKIP (Vol 6 No 1), 19-40.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sumantri, M.S. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Suprihatiningrum, Jamil. (2014). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Tabany, Trianto. I. B. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.
Taufina Taufik, dkk. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press
Trianto. (2009). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Trianto. 2010. Desain Pengembangkan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana
Wandini, R.R dan Sinaga, M.R. 2018. Games Pak Pos Membawa Surat pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Raudhah Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 06 (01), 1-12. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah.
Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi dan Metoe Mengajar Siswa di Luar Kelas. Jakarta: AR-RUZZ MEDIA
Winaya, K., Suarjana, M., Mahadewi, P, P, L. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menurut Kurikulum 2013 Kelas IV SD No. 4 Banyuasri. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Vol 3 No 1).
Windarti, Yulita., Slameto., S, Widyanti, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter (Vol 1 No 1), 150-155.
Yatmini. 2016. Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan RPP yang Baik dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis KKG Semester Satu Tahun 2016/2017 di SD Negeri Model Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education Volume 2 No. 02
Article Metrics
Abstract Views : 377 timesPDF Downloaded : 136 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.