Pengembangan Buku Cerita Dongeng Berbantuan Boneka Tangan di Kelas II Sekolah Dasar

Tri Parlina(1), Tio Gusti Satria(2), Armi Yuneti(3),
(1) STKIP PGRI Lubuk Linggau  Indonesia
(2) STKIP PGRI Lubuk Linggau  Indonesia
(3) STKIP Lubuk Linggau  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i1.112936

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa Buku cerita Dongeng Berbantuan Boneka Tangan Pada Kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan diadaptasi dari model four-D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi, dan ahli desain menunjukkan bahwa Buku cerita Dongeng Berbantuan Boneka Tangan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 0,86. Sedangkan hasil penelitian uji kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari 9 orang menunjukkan bahwa Buku cerita Dongeng Berbantuan Boneka Tangan memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 94,44%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku cerita dongeng berbantuan boneka tangan pada kelas II Sekolah Dasar memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Development; Storybook; Fairy Tale; Hand Puppet

References


Al-Tabany, T.I.B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.

Ardini, P.P. (2012). Pengaruh Dongeng Dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak,1(1), 44-58

Desyandri, D., & Vernanda. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah 4, 163–174. https://ejournal.unpatti.ac.id/ppr_paperinfo_lnk.php?id=1720

Desyandri, Muhammadi, Mansurdin, & Fahmi, R. (2019). Development of Integrated Thematic Teaching Material Used Discovery Learning Model in V Grade Elementary School. Jurnal Konseling Dan Pendidiikan, 7(1), 16–22. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/129400

Fakhrudin, A & Inayati, A.U. (2015). Pengembangan Media Boneka Tangan Pada Tema Lingkungan Kelas II Sd negeri 02 Medayu Kabupaten Pemalang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. ISBN:978-979-3456-52-2. Hal. 80-85

Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak.Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi. 1(1), 21-29

Heru, Kurniawan. (2016). Kreatif Mendongeng Untuk Kecedasan Jamak Anak. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Ismail, M.I. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, Dan Prosedur. Depok: Rajagrafindo Persada.

Krissandi, A.D.S. (2020). Sastra Anak Indonesia.Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak (pengantar Dunia Anak). Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sodik, A. & Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Sudaryono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & PengembanganResearch and Development. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 dan 3. Diakes Dari https:// www.google. com/url?sa=t &source=web &rct=j&url=https://pusdiklat.perpusnas.go.id/public/media/regulasi/2019/11/12/2019_11_1203_49_06_9ab7e1fa524ba603bc2cdbeb7bff93c3.pdf&ved=2ahUKEwjv1eGr1cDvAhXzjOYKHVevDtEQFjADegQIHhAC&usg=AOvVaw0nhRBY0T6zH84HT95


Article Metrics

 Abstract Views : 468 times
 PDF Downloaded : 145 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.