Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa Buku cerita Dongeng Berbantuan Boneka Tangan Pada Kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan diadaptasi dari model four-D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis oleh ketiga ahli yaitu: ahli bahasa, ahli materi, dan ahli desain menunjukkan bahwa Buku cerita Dongeng Berbantuan Boneka Tangan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 0,86. Sedangkan hasil penelitian uji kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari 9 orang menunjukkan bahwa Buku cerita Dongeng Berbantuan Boneka Tangan memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 94,44%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku cerita dongeng berbantuan boneka tangan pada kelas II Sekolah Dasar memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
Keywords
Development; Storybook; Fairy Tale; Hand Puppet