KONTRIBUSI MINAT BACA DAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTATIF SISWA KELAS X SMA SEMEN PADANG

Mega Putri(1),
(1) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa

DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v5i1.9974

Full Text:    Language : ind

Abstract


The research based on observation in the field. The result of this research is students at grade x still low in writing argumentative text. The was difficulties to developed the idea and fact to support a argumentative paragraph. This phenomena appear because student in reading ability and understanding is very low. Based on the problem above, the researcher need to describe contribution of reading ability and understanding in writing argumentative text on X grade students at SMA Semen Padang. The hypothesis in this research is contribution reading ability toward writing argumentative is very significance, contribution in understanding toward writing argumentative tex, contribution reading ability and understanding join together in writing argumentative text. The researcher can conclude that reading ability and comprehension have two factors in writing argumentative text on x grade students at sma semen padang, eventhough others factor the research do not research in this thesis. The result of this research is to increase the student writing x grade at SMA Semen Padang in reading ability and comprehension.

Keywords


minat baca, membaca pemahaman, menulis argumentatif elt

References


Agustina. 2008. Pembelajaran Keterampilan Membaca. Padang: FBSS UNP.

Alwi, Hasan. 2001. Bahan Penyuluhan Bahasa Indonesia: Paragraf. Jakarta: Depdiknas.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Atmazaki. 2006. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: Citra Budaya Indonesia.

Azies, Furqanul dan Alwasilah, A. Chaedar. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktek. Cet. I. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Semi, M. Atar. 1995. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Mugantara.

Diem, Chuzaimah Dahlan. 2000. Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Berbahasa Inggris Guru Smu Se-Provinsi Sumsel. Forum Pendidikan, Nomor 03:257.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008, “Pelajaran Keterampilan Membaca, Bahan Ajar Diklat Guru Bahasa Indonesia SMA Tingkat Lanjut”. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Hurlock, Elizabeth. 1978. Child Development. Jakarta: Erlangga.

Keraf, Gorys. 2002. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kuntarto, Ninik M. 2007. Cermat Teliti dalam Berbahasa Berpikir. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Pateda, Mansoer. 1989. Analisis Kesalahan. Ende: Nusa Indah.

Razak, Abdul. 2000. Membaca Pemahaman Teori dan Aplikasi Pengajaran. Riau: Autografika.

Riduwan. 2004. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Ruseffendi, E.T. (1998). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang : IKIP Semarang Press.

Slamet, St. Y. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Subyakto, Sri Uteri.1988. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: P2LPTK.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, 2002. Metode Statistika. Bandung: PT. Transito.

Suparno dan Yunus, Muhammad. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Metodologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Syamsir, Alam. 1996. Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pengembangan Minat dan Kegemaran Membaca. Jakarta: Depdikbud.

Syanurdin. 2000. “Sumbangan Minat Baca dan Penguasaan Sintaksis terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Mahasiswa Universitas Prof. Dr. Hazairin. S.H. Bengkulu”. Tesis tidak diterbitkan. PPs UNP Padang.

Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Soedarso.2005. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia.

Tarigan, Hendri Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Hendri Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, dkk. 2008. Membaca dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.

The Liang Gie. 2002. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.

Thoha. 1996. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tingkers, Miles A. 1875. Teaching Reading in the Elementary School. Now Jersey: Prentice-Hall.

Traver, Robert R. 1967. Ecencial of Learning and Overview for Education (2 Edition). New York: Mac Milliam Company.

Winkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo Sinar Baru.


Article Metrics

 Abstract Views : 736 times
 PDF Downloaded : 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.