KONTRIBUSI MINAT BACA DAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTATIF SISWA KELAS X SMA SEMEN PADANG
(1) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
DOI : https://doi.org/10.24036/ld.v5i1.9974
Full Text: Language : ind
Abstract
Keywords
References
Agustina. 2008. Pembelajaran Keterampilan Membaca. Padang: FBSS UNP.
Alwi, Hasan. 2001. Bahan Penyuluhan Bahasa Indonesia: Paragraf. Jakarta: Depdiknas.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Atmazaki. 2006. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: Citra Budaya Indonesia.
Azies, Furqanul dan Alwasilah, A. Chaedar. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan Praktek. Cet. I. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Semi, M. Atar. 1995. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Mugantara.
Diem, Chuzaimah Dahlan. 2000. Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Berbahasa Inggris Guru Smu Se-Provinsi Sumsel. Forum Pendidikan, Nomor 03:257.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008, “Pelajaran Keterampilan Membaca, Bahan Ajar Diklat Guru Bahasa Indonesia SMA Tingkat Lanjut”. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.
Hurlock, Elizabeth. 1978. Child Development. Jakarta: Erlangga.
Keraf, Gorys. 2002. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kuntarto, Ninik M. 2007. Cermat Teliti dalam Berbahasa Berpikir. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Pateda, Mansoer. 1989. Analisis Kesalahan. Ende: Nusa Indah.
Razak, Abdul. 2000. Membaca Pemahaman Teori dan Aplikasi Pengajaran. Riau: Autografika.
Riduwan. 2004. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Ruseffendi, E.T. (1998). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang : IKIP Semarang Press.
Slamet, St. Y. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.
Subyakto, Sri Uteri.1988. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: P2LPTK.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, 2002. Metode Statistika. Bandung: PT. Transito.
Suparno dan Yunus, Muhammad. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suryabrata, Sumadi. 2010. Metodologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Syamsir, Alam. 1996. Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pengembangan Minat dan Kegemaran Membaca. Jakarta: Depdikbud.
Syanurdin. 2000. “Sumbangan Minat Baca dan Penguasaan Sintaksis terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Mahasiswa Universitas Prof. Dr. Hazairin. S.H. Bengkulu”. Tesis tidak diterbitkan. PPs UNP Padang.
Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Soedarso.2005. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia.
Tarigan, Hendri Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Hendri Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, dkk. 2008. Membaca dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.
The Liang Gie. 2002. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.
Thoha. 1996. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tingkers, Miles A. 1875. Teaching Reading in the Elementary School. Now Jersey: Prentice-Hall.
Traver, Robert R. 1967. Ecencial of Learning and Overview for Education (2 Edition). New York: Mac Milliam Company.
Winkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo Sinar Baru.
Article Metrics
Abstract Views : 789 timesPDF Downloaded : 244 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.