LESSON STUDY IMPLEMENTATION OF INDONESIAN LANGUAGE LEARNING AT GRADE VII.5 MTsN LUBUK BUAYA PADANG

Idra Putri(1),
(1) MTSN Lubuk Buaya Padang Jl. adinegoro lb buaya, Lubuk Buaya, Koto Tangah, Padang City, West Sumatra 25586  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v15i1.7155

Full Text:    Language : id

Abstract


PELAKSANAAN LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII.5 MTsN LUBUK BUAYA PADANG

Abstract

This research started from less efectivity on learning teacher meet in religion ministry in Padang. The less teacher who available in each grade and there is no professional team of lesson study made learning less efficiense. This research intended to describe the implementation of plan, do and see lesson study in learning Indonesian at grade VII.5 MTsN Lubuk Padang. Further observer understands to the duties and responsibilities of classroom management by model’s teacher. Based on these findings it could be concluded that the implementation of lesson study still needs improvement in order to get better learning in the classroom.

Keywords: lesson study implementation, learning, strategy

Abstrak

Penelitian ini dimulai dari kurangnya efektifitas pertemuan pembelajaran guru dalam pelayanan agama di Padang. Semakin sedikit guru yang tersedia di setiap kelas dan belum adanya tim profesional lesson study agar kegiatan pembelajaran lebih efisien. Penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan pelaksanaan rencana, lakukan dan lihat dalam lesson study dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII.5 MTsN Lubuk Padang. Selanjutnya pengamat memahami tugas dan tanggung jawab pengelolaan kelas oleh guru model. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan lesson study masih perlu perbaikan untuk mendapatkan pembelajaran yang lebih baik di kelas.

Kata Kunci: pelaksanaan lesson study, pembelajaran, strategi


Keywords


pelaksanaan lesson study, pembelajaran, strategi

References


Depdiknas, Depag dan JICA. (2009). Panduan untuk Lesson Study Berbasis MGMP dan Lesson Study Berbasis Sekolah. Jakarta: Program Peningkatan Kualitas (PELITA SMP/MTs).

Depdiknas, Depag dan JICA. (2009). Panduan untuk Peningkatan Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Program Peningkatan Kualitas (PELITA SMP/MTs).

_______________________. (2009). Pelatihan Trainer Nasional. Jakarta: Program Peningkatan Kualitas (PELITA SMP/MTs).

Putra, Yukon dkk, (2010). Belajar dari Pembelajaran: Best Practice Implementasi Lesson Study. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen PMPTK Kementerian Pendidikan Nasional.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Susilo, Herawati dkk. (2011). Lesson Study Berbasis Sekolah: Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Jatim: Bayu Media

Thobrani, Muhammad dan Musthofa Arif. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Widhiartha, Ashintya Putu dkk. (2008). Lesson Study: Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Pendidik Pendidikan Nonformal. Surabaya: Prima Printing Surabaya.


Article Metrics

 Abstract Views : 301 times
 PDF Downloaded : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.