Abstract
PELAKSANAAN LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII.5 MTsN LUBUK BUAYA PADANG
Abstract
This research started from less efectivity on learning teacher meet in religion ministry in Padang. The less teacher who available in each grade and there is no professional team of lesson study made learning less efficiense. This research intended to describe the implementation of plan, do and see lesson study in learning Indonesian at grade VII.5 MTsN Lubuk Padang. Further observer understands to the duties and responsibilities of classroom management by model’s teacher. Based on these findings it could be concluded that the implementation of lesson study still needs improvement in order to get better learning in the classroom.
Keywords: lesson study implementation, learning, strategy
Abstrak
Penelitian ini dimulai dari kurangnya efektifitas pertemuan pembelajaran guru dalam pelayanan agama di Padang. Semakin sedikit guru yang tersedia di setiap kelas dan belum adanya tim profesional lesson study agar kegiatan pembelajaran lebih efisien. Penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan pelaksanaan rencana, lakukan dan lihat dalam lesson study dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII.5 MTsN Lubuk Padang. Selanjutnya pengamat memahami tugas dan tanggung jawab pengelolaan kelas oleh guru model. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan lesson study masih perlu perbaikan untuk mendapatkan pembelajaran yang lebih baik di kelas.
Kata Kunci: pelaksanaan lesson study, pembelajaran, strategi