Meningkatkan Kemampuan Mencuci Pakaian melalui Teknik Modeling pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas V di SLB N 1 Padang

Mulya Mastri(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan mencuci pakaian pada anak tunagrahita sedang di SLB N 1 Padang. Permasalahan yang ditemukan yaitu anak belum mampu melakukan kegiatan menolong diri sendiri dalam mencuci pakaian. Program bina diri dalam mencuci pakaian diberikan dengan tujuan  membantu agar anak lebih mandiri. persoalan dikaji dalam penelitian ini adalah apakah teknik modeling dapat meningkatkan kemampuan mencuci pakaian pada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB N 1 Padang. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen yang berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain grafik A-B-A. Subjek penelitiannya yaitu  seorang anak tunagrahita sedang yang berjenis kelamin laki-laki.. Pengukuran data menggunakan persentase untuk dapat melihat anak mampu melakukan kegiatan mencuci pakaian. pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan langsung dengan menggunakan analisis dalam bentuk penyajian analisis visual dan grafik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik modeling dapat meningkatkan kemampuan mencuci pakaian pada anak tungrahita sedang sesuai dengan analisis data dalam kondisi dan antar kondisi.


Keywords


Teknik Modeling, Kemampuan Mencuci Pakaian, Tunagrahita Sedang

References


Faridah, D. N. (2015). Efektivitas Teknik Modeling Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Hormat Peserta Didik ( Quasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Bandung Tahun Pelajaran 2014 / 2015 ), 5(1), 45–66.

Mardiah, T., Fatmawati, & Sumekar, G. (2013). Efektifitas mengayuh sepeda untuk meningkatkan kemampuan otot kaki dalam berjalan pada anak tunagrahita sedang, 1, 311–318.

Sulistyaningrum, N. D. (2015). Pembelajaran Keterampilan Mencuci Pakaian Pada Siswa Tunagrahita Kategori Sedang Kelas V A di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Yogyakarta. Journal of Applied Microbiology, 119(3), 859{textendash}867.


Article Metrics

 Abstract Views : 604 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 221 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.