Meningkatkan Kemampuan Mencuci Pakaian melalui Teknik Modeling pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas V di SLB N 1 Padang
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan mencuci pakaian pada anak tunagrahita sedang di SLB N 1 Padang. Permasalahan yang ditemukan yaitu anak belum mampu melakukan kegiatan menolong diri sendiri dalam mencuci pakaian. Program bina diri dalam mencuci pakaian diberikan dengan tujuan membantu agar anak lebih mandiri. persoalan dikaji dalam penelitian ini adalah apakah teknik modeling dapat meningkatkan kemampuan mencuci pakaian pada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB N 1 Padang. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen yang berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain grafik A-B-A. Subjek penelitiannya yaitu seorang anak tunagrahita sedang yang berjenis kelamin laki-laki.. Pengukuran data menggunakan persentase untuk dapat melihat anak mampu melakukan kegiatan mencuci pakaian. pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan langsung dengan menggunakan analisis dalam bentuk penyajian analisis visual dan grafik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik modeling dapat meningkatkan kemampuan mencuci pakaian pada anak tungrahita sedang sesuai dengan analisis data dalam kondisi dan antar kondisi.
Keywords
References
Faridah, D. N. (2015). Efektivitas Teknik Modeling Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Hormat Peserta Didik ( Quasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Bandung Tahun Pelajaran 2014 / 2015 ), 5(1), 45–66.
Mardiah, T., Fatmawati, & Sumekar, G. (2013). Efektifitas mengayuh sepeda untuk meningkatkan kemampuan otot kaki dalam berjalan pada anak tunagrahita sedang, 1, 311–318.
Sulistyaningrum, N. D. (2015). Pembelajaran Keterampilan Mencuci Pakaian Pada Siswa Tunagrahita Kategori Sedang Kelas V A di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Yogyakarta. Journal of Applied Microbiology, 119(3), 859{textendash}867.
Article Metrics
Abstract Views : 668 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 244 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.