Pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh bagi Pendidik dan Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19
(1) Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia
(2) Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia
(3) Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Pendidikan Indonesia 
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.112590
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Adriyanto, A. R. (2020). Penanaman Nilai dalam Materi Ajar Pembelajaran Daring Perguruan Tinggi. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 5(1), 39-50. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um022v5i12020p039
Ahmad. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258-264. doi: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803
Ajisuksmo, C. R. (1996). Self-Regulated Learning in Indonesian Higher Education. Jakarta: Atma Jaya Research Centre.
Ali, M., Prawening, C., & Samiaji, M. H. (2020). Inovasi Model Pembelajaran Jarak Jauh Program Kesetaraan Paket C Di Masa Pandemi Covid-19. VISI : Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 107-116. doi:http://doi.org/10.21009/JIV.1502.2
Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 139-149. doi:http://dx.doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10(3), 282-289. doi:https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Ariadhy, S. Y., Nurohman, S., Arkum, D., Handini, W., & Ferdiana. (2020). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 220-226. doi: http://dx.doi.org/10.52423/anoa.v1i3.13640
Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2015). The Pedagogical Functions of Arts and Cultural Heritage Education with ICTs in Museums. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 12(1), 29-42.
Artikono, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri - Cikarang Barat - Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218. doi:https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Darmayanti, T. (2005). Efektivitas Intervensi Keterampilan Self-Regulated Learning dan Keteladanan dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 9(2), 68-82.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367-375. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Driyarkara, N. (1980). Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Finkelstein, J. (2006). Learning in Real Time: Synchronous Teaching and Learning Online. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Halik, A., & Aini, Z. (2020). Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Enlighten: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 131-141. doi:http://dx.doi.org/10.32505/enlighten.v3i2.1887
Hamidaturrohmah. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi Era Pandemi Covid-19. Elementary Islamic Teacher Journal, 8(2), 247-278. doi:http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7907
Hindrasti, N. E., & Sabekti, A. W. (2020). Pengalaman Calon Guru Sains dalam Pembelajaran daring Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 129-152. doi:https://doi.org/10.26714/jps.8.2.2020.139-152
Jalal, M. (2020). Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa COVID-19. SMART KIDS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 35-40. doi:https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i1.61
Jamilah. (2020). Guru Profesional di Era New Normal: Review Peluang dan Tantangan dalam Pembelajaran Daring. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 238-247. doi:https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494
Kartika, R. (2020, Desember 23). Analisis Faktor Munculnya Gejala Stres Pada Mahasiswa Akibat Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Preprints, 1-11. doi: http://dx.doi.org/10.31234/osf.io/nqesb
Kemenristek. (2016). Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh dan E-Learning di Indonesia. Retrieved from http://kopertis3.or.id/v2/wp-content/uploads/Paulina-Pannen-Kebijakan-PJJ-dan-E-Learning.pdf
Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91-104. doi:http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104
Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. DIAKRONIKA, 20(2), 76-87. doi:https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/148
Latifah, N., & Supena, A. (2021). Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1175-1182. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.887
Leba, S. M., & Habeahan, N. L. (2020). Pelatihan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Form Sebagai Media Pembelajaran. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 42-46.
Mahardini, M. M. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215-224. doi:https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102
Makur, Jehadus, Fedi, Jelatu, Murni, & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-12. doi:https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.862
Mamahit, C. E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Model Bauran terhadap Hasil Belajar dan Persepsi Mahasiswa. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, 17(1), 67-83. doi:dx.doi.org/10.19166/pji.v17i1.2792
Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869-877. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.800
Maulana, H. A., & Iswari, R. D. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring PAda Mata Kuliah Statistik Bisnis di Pendidikan Vokasi. KHAZANAH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 17-30.
Maulana, H. A., & Iswari, R. D. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring PAda Mata Kuliah Statistik Bisnis di Pendidikan Vokasi. KHAZANAH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 17-30.
Maulana, M., Sitanggang, F., Mushlihah, F., Wiyadi, & Sayekti, N. W. (2020). Peran Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Advice: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 112-119. doi:https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.1203
Muzakkir, W. R., Astutik, F., & Muhakkikin. (2018). Pengembangan Perangkat Model Blended Learning untuk Meningkatkan Efektivitas Penerapan Pendidikan Jarak Jauh di SMKN 2 Gerung. Jurnal Kependidikan, 4(2), 173-177.
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23-33. doi:https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771
Nindiati, D. S. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh yang Memandirikan Siswa dan Implikasinya Pada Pelayanan Pendidikan. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 14-20. doi:https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1243
Nizaruddin, Muhtarom, & Nugraha, A. E. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(1), 98-106. doi:https://doi.org/10.46306/jabb.v1i1.19
Pratama, R. A., & Pratiwi, I. M. (2019). Hasil Belajar Sejarah Indonesia Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here Berdasarkan Kemandirian Belajar. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 96-107.
Primasari, I. F., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 5(1), 64-73. doi:https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820
Sabaniah, S., Ramadhan, D. F., & & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah COVID-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43-54. doi:https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77
Salehudin, M. (2020). Dampak COVID-19: Guru Mengadopsi Media Sosial Sebagai E-learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal MUDARRISUNA, 10(1), 1-14. doi:http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i1.6755
Santosa, E. B., & Sarwanta. (2021). Pengaruh Internet Self-Efficacy, Pengalaman Mengajar dan Usia Guru Terhadap Penguasaan Komputer Dalam Strategi Pembelajaran Daring. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(1), 41-50.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid-19. Jurnal Mappesona, 2(2). Retrieved from https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/830
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2021). Persepsi Guru Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obesesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Shahabadi, M. M., & Uplane, M. (2015). Synchronous and Asynchronous E-learning Styles and Academic Performance of E-learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 129-139. doi:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.453
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Pelatihan, F. F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. METALINGUA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 31-34. doi:https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Tirajoh, C. V., Munayang, H., & Kairupan, B. H. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kecemasan Orang Tua Murid di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Biomedik (JBM), 13(1), 49-57. doi:https://doi.org/10.35790/jbm.13.1.2021.31715
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58. doi:https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19472
Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (1989). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: Theory, research, and Practice. New York: Springer-Verlag.
Article Metrics
Abstract Views : 3598 timesPDF (98-111) Downloaded : 1259 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.