Pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh bagi Pendidik dan Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19

Galih Dwi Novianto(1), Dara Aulia Herman(2), Angga Hadiapurwa(3),
(1) Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia
(2) Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Pendidikan Indonesia  Indonesia
(3) Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Pendidikan Indonesia 

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.112590

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 bagi pendidik dan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pelaksanaan pendidikan jarak jauh di masa pandemi Covid-19 bagi pendidik dan peserta didik. Penelitian ini menekankan pada sumber informasi pada hambatan, kekurangan, kelebihan, dan solusi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan kajian teoritis, referensi, serta literatur ilmiah lainnya yang berkaitan dengan budaya, nilai dan norma yang berkembang pada situasi sosial yang diteliti. Hasil dari penelitian menunjukkan, bahwa akses jaringan internet, fasilitas sarana dan prasarana, kesiapan pendidik, peserta didik, dan orang tua menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan, bahwa kelancaran pelaksanaan pendidikan jarak jauh sangat bergantung pada aspek kesiapan segala pihak dalam menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Keywords


Distance Education; Online Learning; Educators and Student; and The Covid-19 Pandemic

References


Adriyanto, A. R. (2020). Penanaman Nilai dalam Materi Ajar Pembelajaran Daring Perguruan Tinggi. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 5(1), 39-50. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um022v5i12020p039

Ahmad. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258-264. doi: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803

Ajisuksmo, C. R. (1996). Self-Regulated Learning in Indonesian Higher Education. Jakarta: Atma Jaya Research Centre.

Ali, M., Prawening, C., & Samiaji, M. H. (2020). Inovasi Model Pembelajaran Jarak Jauh Program Kesetaraan Paket C Di Masa Pandemi Covid-19. VISI : Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 107-116. doi:http://doi.org/10.21009/JIV.1502.2

Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 139-149. doi:http://dx.doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10(3), 282-289. doi:https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Ariadhy, S. Y., Nurohman, S., Arkum, D., Handini, W., & Ferdiana. (2020). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 220-226. doi: http://dx.doi.org/10.52423/anoa.v1i3.13640

Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2015). The Pedagogical Functions of Arts and Cultural Heritage Education with ICTs in Museums. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 12(1), 29-42.

Artikono, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri - Cikarang Barat - Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218. doi:https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Darmayanti, T. (2005). Efektivitas Intervensi Keterampilan Self-Regulated Learning dan Keteladanan dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 9(2), 68-82.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367-375. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Driyarkara, N. (1980). Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Finkelstein, J. (2006). Learning in Real Time: Synchronous Teaching and Learning Online. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Halik, A., & Aini, Z. (2020). Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Enlighten: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 131-141. doi:http://dx.doi.org/10.32505/enlighten.v3i2.1887

Hamidaturrohmah. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi Era Pandemi Covid-19. Elementary Islamic Teacher Journal, 8(2), 247-278. doi:http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7907

Hindrasti, N. E., & Sabekti, A. W. (2020). Pengalaman Calon Guru Sains dalam Pembelajaran daring Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 129-152. doi:https://doi.org/10.26714/jps.8.2.2020.139-152

Jalal, M. (2020). Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa COVID-19. SMART KIDS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 35-40. doi:https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i1.61

Jamilah. (2020). Guru Profesional di Era New Normal: Review Peluang dan Tantangan dalam Pembelajaran Daring. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 238-247. doi:https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Kartika, R. (2020, Desember 23). Analisis Faktor Munculnya Gejala Stres Pada Mahasiswa Akibat Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Preprints, 1-11. doi: http://dx.doi.org/10.31234/osf.io/nqesb

Kemenristek. (2016). Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh dan E-Learning di Indonesia. Retrieved from http://kopertis3.or.id/v2/wp-content/uploads/Paulina-Pannen-Kebijakan-PJJ-dan-E-Learning.pdf

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91-104. doi:http://dx.doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104

Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. DIAKRONIKA, 20(2), 76-87. doi:https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/148

Latifah, N., & Supena, A. (2021). Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1175-1182. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.887

Leba, S. M., & Habeahan, N. L. (2020). Pelatihan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Form Sebagai Media Pembelajaran. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 42-46.

Mahardini, M. M. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215-224. doi:https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102

Makur, Jehadus, Fedi, Jelatu, Murni, & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-12. doi:https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.862

Mamahit, C. E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Model Bauran terhadap Hasil Belajar dan Persepsi Mahasiswa. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, 17(1), 67-83. doi:dx.doi.org/10.19166/pji.v17i1.2792

Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869-877. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.800

Maulana, H. A., & Iswari, R. D. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring PAda Mata Kuliah Statistik Bisnis di Pendidikan Vokasi. KHAZANAH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 17-30.

Maulana, H. A., & Iswari, R. D. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring PAda Mata Kuliah Statistik Bisnis di Pendidikan Vokasi. KHAZANAH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 17-30.

Maulana, M., Sitanggang, F., Mushlihah, F., Wiyadi, & Sayekti, N. W. (2020). Peran Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Advice: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 112-119. doi:https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.1203

Muzakkir, W. R., Astutik, F., & Muhakkikin. (2018). Pengembangan Perangkat Model Blended Learning untuk Meningkatkan Efektivitas Penerapan Pendidikan Jarak Jauh di SMKN 2 Gerung. Jurnal Kependidikan, 4(2), 173-177.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23-33. doi:https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771

Nindiati, D. S. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh yang Memandirikan Siswa dan Implikasinya Pada Pelayanan Pendidikan. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 14-20. doi:https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1243

Nizaruddin, Muhtarom, & Nugraha, A. E. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(1), 98-106. doi:https://doi.org/10.46306/jabb.v1i1.19

Pratama, R. A., & Pratiwi, I. M. (2019). Hasil Belajar Sejarah Indonesia Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here Berdasarkan Kemandirian Belajar. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 96-107.

Primasari, I. F., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 5(1), 64-73. doi:https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820

Sabaniah, S., Ramadhan, D. F., & & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah COVID-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43-54. doi:https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77

Salehudin, M. (2020). Dampak COVID-19: Guru Mengadopsi Media Sosial Sebagai E-learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal MUDARRISUNA, 10(1), 1-14. doi:http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i1.6755

Santosa, E. B., & Sarwanta. (2021). Pengaruh Internet Self-Efficacy, Pengalaman Mengajar dan Usia Guru Terhadap Penguasaan Komputer Dalam Strategi Pembelajaran Daring. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(1), 41-50.

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid-19. Jurnal Mappesona, 2(2). Retrieved from https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/830

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2021). Persepsi Guru Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obesesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Shahabadi, M. M., & Uplane, M. (2015). Synchronous and Asynchronous E-learning Styles and Academic Performance of E-learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 129-139. doi:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.453

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Pelatihan, F. F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178. doi:http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. METALINGUA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 31-34. doi:https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Tirajoh, C. V., Munayang, H., & Kairupan, B. H. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kecemasan Orang Tua Murid di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Biomedik (JBM), 13(1), 49-57. doi:https://doi.org/10.35790/jbm.13.1.2021.31715

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58. doi:https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19472

Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (1989). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: Theory, research, and Practice. New York: Springer-Verlag.


Article Metrics

 Abstract Views : 3598 times
 PDF (98-111) Downloaded : 1259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.