Analisis User Satisfaction Terhadap Kualitas Layanan Portal akama.ft.unp.ac.id Menggunakan Metode Webqual 4.0

Kharisma Yanti(1), Dedi Irfan(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.110330

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas portal akama.ft.unp.ac.id serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna tersebut. Metode yang digunakan adalah metode webqual 4.0 yang meliputi tiga dimensi yaitu variabel usability, information quality, dan service interaction quality. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas usability  yang paling baik adalah kemudahan penggunaan dengan capaian sebesar 71,4% sedangkan yang paling rendah adalah tampilan website yang atraktif dengan capaian sebesar 39,1%, information quality yang paling baik adalah penyajian informasi yang detail dengan capaian sebesar 80,2% sedangkan yang paling rendah adalah informasi yang mudah dipahami dengan capaian sebesar 26,93%, service interaction quality  yang paling baik adalah reputasi website dengan capaian 82,4% sedangkan yang paling rendah adalah komunikasi dengan pengelola situs dengan capaian 39,6%, dengan persentase kontribusi terhadap user satisfaction (Y) adalah usability (X1) sebesar 38,81%, information quality (X2) sebesar 26,32%, dan service interaction quality (X3) adalah sebesar 8,7%.

Kata kunci : user satisfaction, akama.ft.unp.ac.id, webqual 4.0.


References


Annisa, Chaira. 2018. Analisis Penerapan Sistem Informasi Katalog Karya Ilmuah menggunakan Metode Web Quality (Webqual) 4.0 di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Padang: Universitas Negeri Padang.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barnes, S. & Vidgen, R. 2002. An Intergrative Approach to The Assesment of E-Commerce Quality. International Journal of Elektronic Commerce. Research Vol.3. No.3.

Prayitno, Duwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta : Andi.

Sastika, Wisya. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pembelian pada Website E-Commerce Traveloka. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016, 649-657, 2016.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitastif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tarigan, Joshua. 2008. User Satisfaction Using Webqual Instrument: A Research on Stock Exchange of Thailand (SET). Jurnal Akutansi dan Keuangan. 10(1). Hlm. 34-47.


Article Metrics

 Abstract Views : 355 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.