Analisis User Satisfaction Terhadap Kualitas Layanan Portal akama.ft.unp.ac.id Menggunakan Metode Webqual 4.0
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.110330
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas portal akama.ft.unp.ac.id serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna tersebut. Metode yang digunakan adalah metode webqual 4.0 yang meliputi tiga dimensi yaitu variabel usability, information quality, dan service interaction quality. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas usability yang paling baik adalah kemudahan penggunaan dengan capaian sebesar 71,4% sedangkan yang paling rendah adalah tampilan website yang atraktif dengan capaian sebesar 39,1%, information quality yang paling baik adalah penyajian informasi yang detail dengan capaian sebesar 80,2% sedangkan yang paling rendah adalah informasi yang mudah dipahami dengan capaian sebesar 26,93%, service interaction quality yang paling baik adalah reputasi website dengan capaian 82,4% sedangkan yang paling rendah adalah komunikasi dengan pengelola situs dengan capaian 39,6%, dengan persentase kontribusi terhadap user satisfaction (Y) adalah usability (X1) sebesar 38,81%, information quality (X2) sebesar 26,32%, dan service interaction quality (X3) adalah sebesar 8,7%.
Kata kunci : user satisfaction, akama.ft.unp.ac.id, webqual 4.0.
References
Annisa, Chaira. 2018. Analisis Penerapan Sistem Informasi Katalog Karya Ilmuah menggunakan Metode Web Quality (Webqual) 4.0 di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Padang: Universitas Negeri Padang.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Barnes, S. & Vidgen, R. 2002. An Intergrative Approach to The Assesment of E-Commerce Quality. International Journal of Elektronic Commerce. Research Vol.3. No.3.
Prayitno, Duwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta : Andi.
Sastika, Wisya. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pembelian pada Website E-Commerce Traveloka. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016, 649-657, 2016.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitastif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tarigan, Joshua. 2008. User Satisfaction Using Webqual Instrument: A Research on Stock Exchange of Thailand (SET). Jurnal Akutansi dan Keuangan. 10(1). Hlm. 34-47.
Article Metrics
Abstract Views : 473 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 129 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.