Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas portal akama.ft.unp.ac.id serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna tersebut. Metode yang digunakan adalah metode webqual 4.0 yang meliputi tiga dimensi yaitu variabel usability, information quality, dan service interaction quality. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas usability  yang paling baik adalah kemudahan penggunaan dengan capaian sebesar 71,4% sedangkan yang paling rendah adalah tampilan website yang atraktif dengan capaian sebesar 39,1%, information quality yang paling baik adalah penyajian informasi yang detail dengan capaian sebesar 80,2% sedangkan yang paling rendah adalah informasi yang mudah dipahami dengan capaian sebesar 26,93%, service interaction quality  yang paling baik adalah reputasi website dengan capaian 82,4% sedangkan yang paling rendah adalah komunikasi dengan pengelola situs dengan capaian 39,6%, dengan persentase kontribusi terhadap user satisfaction (Y) adalah usability (X1) sebesar 38,81%, information quality (X2) sebesar 26,32%, dan service interaction quality (X3) adalah sebesar 8,7%.

Kata kunci : user satisfaction, akama.ft.unp.ac.id, webqual 4.0.