Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar

Novi Sulviana(1), Hanesman Hanesman(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.109972

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) program keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Pariaman. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan bentuk Nonequivalet Control Group Design dimana kelompok eksperimen maupun kontrol tidak dipilih secara random melainkan dengan tujuan tertentu yaitu melihat kesetaraan antara kedua kelas, diambil kelas X TPTU A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PBL. Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 83,09 sedangkan kelas kontrol sebesar 78,18 berdistribusi normal dan homogen. Hasil hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,888 dimana lebih besar daripada ttabel = 1,717. Jadi hipotesis alternatif (Ha) diterima, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran DLE di SMKN 3 Pariaman.

Kata kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, DLE,  Hasil Belajar .

 


References


Sisdiknas, Sistem Pendidikan, Undang-Undang No.20, 2003.

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta, PT Raja Grafinda Persada, 2012.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2006.

Sugiyono, Metoda Penelitian Keantitatif, Kualitatif dan Kombinasi, Bandung, Alfabeta, 2017.

Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta, 2012.

Sudjana, Metode Statistika, Bandung, Tarsito, 2005.

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, PT Bumi Aksara, 2012.


Article Metrics

 Abstract Views : 361 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.