Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) program keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Pariaman. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan bentuk Nonequivalet Control Group Design dimana kelompok eksperimen maupun kontrol tidak dipilih secara random melainkan dengan tujuan tertentu yaitu melihat kesetaraan antara kedua kelas, diambil kelas X TPTU A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PBL. Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 83,09 sedangkan kelas kontrol sebesar 78,18 berdistribusi normal dan homogen. Hasil hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,888 dimana lebih besar daripada ttabel = 1,717. Jadi hipotesis alternatif (Ha) diterima, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran DLE di SMKN 3 Pariaman.

Kata kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, DLE,  Hasil Belajar .