Pengembangan Digital Marketing Online Training Berbasis Learning Management System Moodle Bagi Mahasiswa Wirausaha UNP

Nilam Agsera(1), Muhammad Adri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.109498

Full Text:    Language : id    Language : id

Abstract


Tingkat partisipasi mahasiswa dalam Program Kewirausahaan Mahasiswa yang dilaksanakan di Universitas Negeri Padang masih rendah, 1% dari total mahasiswa, meskipun Pimpinan Universitas telah mengambil beberapa kebijakan terkait peningkatan kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha, seperti menjadikan Kewirausahaan sebagai Mata Kuliah Wajib Universitas, membentuk Unit Pelayanan Teknik Pengembangan Karir dan Kewirausahaan serta berbagai program wirausaha mahasiswa. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan mahasiswa dalam memasarkan produk hasil wirausahanya. Pengembangan aplikasi pelatihan daring Digital Marketing (DM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memasarkan produk wirausahanya. Digital Marketing Online Training (DMOT) ini menjadi sarana belajar mandiri berbasis Learning Management System (LMS) Moodle, yang sekaligus menjadi pendukung program wirasuaha kampus. DMOT dikembangkan menggunakan Model Instruksional ADDIE. DMOT ini telah menghasilkan sebuah sumber belajar mandiri Digital Marketing bagi mahasiswa. Berdasarkan hasil ujicoba diperoleh data 85% pengguna menyatakan terbantu dengan DMOT ini dan telah mampu meningkatkan keterampilan TIK peserta untuk diimpelemetasikan dalam usahanya.

Kata kunci : Kewirausahaan Mahasiswa, Digital Marketing, LMS Moodle, DMOT, ADDIE.

 


References


UNP Padang. (2018). Rencana Strategis Universitas Negeri Padang 2015-2019, Padang : UNP

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 604 Tahun 2015 Tentang Pembentukan UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir. Jakarta

UNP Padang. (2019). Laporan Kinerja Universitas Negeri Padang Tahun 2018, Padang : UNP

Yulizar Kasih. (2013). Mewujudkan Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan, Forum Bisnis dan Kewirausahaan, Jurnal Ilmiah STIE MDP, Vol. 2 No. 2 Maret 2013

Heri Kuswara. (2019) “Strategi Perguruan Tinggi Mewujudkan Entrepreneurial Campus“, diakses pada alamat : http://www.dikti.go.id, diakses pada 10 April 2019.

Elfindri, Desri Ayunda, dan Wiko Saputra (2010) ”Minang Entrepreneurship”, Jakarta : Buduose Media.

Rauch, E., Linder, C., & Dallasega, P. (2019). Anthropocentric perspective of production before and within Industry 4.0. Computers and Industrial Engineering, (xxxx), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.cie.2019.01.018

Yeung, S. (2014). Examining the need of ethics course in China hospitality industry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 144, 212–217. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.289

Yulizar Kasih. (2013). Mewujudkan Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Melalui Proses Pembelajaran yang Berkelanjutan, Forum Bisnis dan Kewirausahaan, Jurnal Ilmiah STIE MDP, Vol. 2 No. 2 Maret 2013

Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, B. (2001), Understanding IT-enabled interactivity in Contemporary Marketing, Journal of Interactive Marketing.

UPT MKU UNP (2019). Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Umum Kewirausahaan Universitas Negeri Padang, Padang : UPT. MKU UNP Padang

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management, 14th Edition. New Jersey : Prencite Hall

Kats, Yefim. (2010). Learning management system technologies and software solutions for online teaching tools and applications. USA : IGI Global snippet

Moodle. (2019a). About Moodle, yang diakses pada alamat: https://docs.moodle.org/39/en/About_Moodle, pada tanggal 29 Oktober 2019

Google Trends. (2019). Trend Penggunaan Learning Management System (LMS) di dunia, diaksea pada tanggal 27 Agustus 2019

Udemy. 2019. Udemy Digital Marketing Curriculum, diakses pada alamat https://www.udemy.com, pada tanggal 15 Oktober 2019

Coursesera. 2019. Digital Marketing Curriuclum, diakses pada alamat https://coursesera.org, pada tanggal 20 Oktober 2019

Ondigitalmarketing. 2019. College Textbook for Digital Marketing and Social Media diakses pada alamat https://ondigitalmarketing.com/learn/odm/, pada tanggal 17 oktober 2019

Branch, Robert Maribe. Instructional Design : The ADDIE Approach. US: Springer

Van Dijk, Jan A. G. M. and van Deuresen, Alexander. (2014). Digital Skill, unlocking the Information Society, New Palgrave MacMillan, York, USA, 2014

Muhammad Adri, Hanesman, Titi Sriwahyuni, Almasri. (2019a). Laporan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK), Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2019, Padang : LP2M UNP Padang

Muhammad Adri, Hanesman, Titi Sriwahyuni, Almasri. (2019b). Digital Marketing Sebagai Metoda Alternatif Wirausaha Bagi Mahasiswa Di Universitas Negeri Padang, Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, Vol. 12 No. 2 (2019).

A. D. Samala, B. R. Fajri, and F. Ranuharja, “Desain Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Moodle Mobile App,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 12, no. 2, pp. 13–19, 2019, doi: 10.24036/tip.v12i2.221.

Dick, Walter., Carey, Lou. and Carey, James O. 2015. The Systematic Design of Instruction. USA: Pearson


Article Metrics

 Abstract Views : 721 times
 Untitled (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times  PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.