Abstract


Tingkat partisipasi mahasiswa dalam Program Kewirausahaan Mahasiswa yang dilaksanakan di Universitas Negeri Padang masih rendah, 1% dari total mahasiswa, meskipun Pimpinan Universitas telah mengambil beberapa kebijakan terkait peningkatan kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha, seperti menjadikan Kewirausahaan sebagai Mata Kuliah Wajib Universitas, membentuk Unit Pelayanan Teknik Pengembangan Karir dan Kewirausahaan serta berbagai program wirausaha mahasiswa. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan mahasiswa dalam memasarkan produk hasil wirausahanya. Pengembangan aplikasi pelatihan daring Digital Marketing (DM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memasarkan produk wirausahanya. Digital Marketing Online Training (DMOT) ini menjadi sarana belajar mandiri berbasis Learning Management System (LMS) Moodle, yang sekaligus menjadi pendukung program wirasuaha kampus. DMOT dikembangkan menggunakan Model Instruksional ADDIE. DMOT ini telah menghasilkan sebuah sumber belajar mandiri Digital Marketing bagi mahasiswa. Berdasarkan hasil ujicoba diperoleh data 85% pengguna menyatakan terbantu dengan DMOT ini dan telah mampu meningkatkan keterampilan TIK peserta untuk diimpelemetasikan dalam usahanya.

Kata kunci : Kewirausahaan Mahasiswa, Digital Marketing, LMS Moodle, DMOT, ADDIE.