Tanggapan Anggota Terhadap Manfaat Pelatihan Public Speaking di Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus Universitas Negeri Padang

Nurhayati Sari(1), Syafruddin Wahid(2), Vevi Sunarti(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.9080

Full Text:    Language : ind

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagusnya pelatihan public speaking di Unit Kegiatan Komunikasi dan Penyiaran Kampus Universitas Negeri Padang (UKKPPK UNP). Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan manfaat pelatihan public speaking yang meliputi, 1) menumbuhkan cara komunikasi, 2) menambah sikap kepemimpinan, 3) meningkatkan percaya diri. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 64 orang yang terdiri dari anggota UKKPK angkatan XXII. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode random sampling.  Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 orang anggota  yang mengikuti pelatihan public speaking. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, sedangkan alat pengumpul data menggunakan pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat pelatihan public speaking menurut anggota pelatihan tergolong sangat baik,dan baik. Saran agar metode dalam pelatihan public speaking terus ditingkatkan lagi oleh instruktur pelatihan.


References


Hidayat, M. (2016). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Indonesia, U.-U. R. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 1. Retrieved from http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Nurdin, D. (2015). Pengelolaan Pendidikan dan Teori Menuju Implementasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Oemar, H. (2012). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algensindo.

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.

Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Bandung: Falah Production.

Yusuf, A. M. (2007). Metode Penelitian. Padang: UNP Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 875 times
 PDF Downloaded : 447 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.