Motivasi Orang Tua di Luar Kelurahan Balai Jariang Memasukkan Anaknya ke PAUD Permata Bunda (SPNF-SKB) Kota Payakumbuh

Annisa Mardhatillah(1), Ismaniar Ismaniar(2), Jalius Jalius(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.10242

Full Text:    Language : ind

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya jumlah anak yang berasal dari luar Kelurahan Balai Jariang yang sekolah di PAUD Permata Bunda. Penelitian ini bertujuan untuk  menggambarkan motivasi orang tua luar kelurahan Balai Jariang memasukkan anaknya ke PAUD Permata Bunda (SPNF-SKB) Kota Payakumbuh yang dilihat dari segi : (1) pengelolaan, (2) pembiayaan pendidikan, (3) sarana dan prasarana, (4) lingkungan sekolah.Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan data sebagaimana adanya. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dan sampel berjumlah 24 orang ditetapkan berdasarkan teknik penarikan sampel yaitu teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan rumus persentase. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) motivasi orang tua memasukkan anaknya ke PAUD Permata Bunda dilihat dari segi pengelolaan dikategorikan cukup tinggi, (2) motivasi orang tua memasukkan anaknya ke PAUD Permata Bunda dilihat dari segi pembiayaan pendidikan dikategorikan cukup tinggi, (3) motivasi orang tua memasukkan anaknya ke PAUD Permata Bunda dilihat dari segi lingkungan dikategorikan cukup tinggi. (4) motivasi orang tua memasukkan anaknya ke PAUD Permata Bunda dilihat dari segi sarana dan prasarana dikategorikan cukup tinggi.


References


Hidayat, M. (2016). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup

Indonesia, U.-U. R. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 1. Retrieved from http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Nurdin, D. (2015). Pengelolaan Pendidikan dan Teori Menuju Implementasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Oemar, H. (2012). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.

Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Bandung: Falah Production.

Yusuf, A. M. (2007). Metode Penelitian. Padang: UNP Press.


Article Metrics

 Abstract Views : 401 times
 PDF Downloaded : 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.