Pemanfaatan Media Wordwall Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memahami Teks Cerpen Kelas XI SMA Negeri 1 Besuk

Putri Nur Aini(1), Endah Tri Wisudaningsih(2), Hemas Haryas Harja Susetya(3),
(1) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong  Indonesia
(2) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong  Indonesia
(3) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/129376-019883

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan media wordwall terhadap kemampuan siswa dalam memahami teks cerita pendek. Dalam penelitian ini tujuan penggunaan metode kuantitatif adalah mendeskripsikan, menjelaskan situasi atau kondisi suatu peristiwa dengan melampirkan bukti-bukti dari hasil penelitian. Data yang dipilih menggunakan sampel kelas XI A sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembagian soal atau tes, dokumentasi, dan angket yang berisi 15 pertanyaan. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus Chi-Square (X2). Setelah dilakukan penelitian pada tanggal 5 Juni 2024 diperoleh hasil bahwa penggunaan media wordwall memberikan dampak positif bagi siswa kelas XI mengenai materi teks cerita pendek. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes dan angket sebesar 32,949 lebih besar dari tabel Chi-Square pada taraf signifikansi 1% dan taraf signifikansi 5%.

Kata Kunci: Media pembelajaran, wordwall, pemahaman siswa, teks cerita pendek


Article Metrics

 Abstract Views : 18 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/