The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan media wordwall terhadap kemampuan siswa dalam memahami teks cerita pendek. Dalam penelitian ini tujuan penggunaan metode kuantitatif adalah mendeskripsikan, menjelaskan situasi atau kondisi suatu peristiwa dengan melampirkan bukti-bukti dari hasil penelitian. Data yang dipilih menggunakan sampel kelas XI A sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembagian soal atau tes, dokumentasi, dan angket yang berisi 15 pertanyaan. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus Chi-Square (X2). Setelah dilakukan penelitian pada tanggal 5 Juni 2024 diperoleh hasil bahwa penggunaan media wordwall memberikan dampak positif bagi siswa kelas XI mengenai materi teks cerita pendek. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes dan angket sebesar 32,949 lebih besar dari tabel Chi-Square pada taraf signifikansi 1% dan taraf signifikansi 5%.

Kata Kunci: Media pembelajaran, wordwall, pemahaman siswa, teks cerita pendek