Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 2 Kota Padang

Nadia Eka Putri Indriani(1), Syahrul R.(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/121309-019883

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen the one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 546 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 9 yang berjumlah 36 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang sebelum menggunakan model discovery learning Cukup (C) dengan nilai rata-rata 63,19. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang sesudah menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 84,46. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung>ttabel (9,21>1,70). Dengan kata lain, model discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang.

 


Article Metrics

 Abstract Views : 53 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/