The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen the one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 546 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 9 yang berjumlah 36 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang sebelum menggunakan model discovery learning Cukup (C) dengan nilai rata-rata 63,19. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang sesudah menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 84,46. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung>ttabel (9,21>1,70). Dengan kata lain, model discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang.