Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen the one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 546 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 9 yang berjumlah 36 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang sebelum menggunakan model discovery learning Cukup (C) dengan nilai rata-rata 63,19. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang sesudah menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 84,46. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung>ttabel (9,21>1,70). Dengan kata lain, model discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Kota Padang.