KORELASI ANTARA KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI

Ruslinda Nur(1), Wahyuniar Wahyuniar(2), Rusnianti Nur(3),
(1) Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar  Indonesia
(2) Universitas Musamus  Indonesia
(3) Universitas Gadjah Mada  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/116470-019883

Full Text:    Language : id    Language : id

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran Flipped Classroom. Populasi penelitian adalah seluruh siswa XI IPA 3 SMAN 6 Makassar Tahun Ajaran 2021-2022. Sampel penelitian sebanyak 64 siswa yang dipilih menggunakan uji kesetaraan. Pengumpulan data berpikir kritis menggunakan tes essai yang terintegrasi dengan tes hasil belajar siswa pada materi menulis cerpen. Hasil analisis data menunjukkan terdapat korelasi antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Adanya korelasi karena berpikir kritis dapat memberdayakan dan meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia.


Article Metrics

 Abstract Views : 311 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 68 times  Remote (Bahasa Indonesia) Downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/