The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran Flipped Classroom. Populasi penelitian adalah seluruh siswa XI IPA 3 SMAN 6 Makassar Tahun Ajaran 2021-2022. Sampel penelitian sebanyak 64 siswa yang dipilih menggunakan uji kesetaraan. Pengumpulan data berpikir kritis menggunakan tes essai yang terintegrasi dengan tes hasil belajar siswa pada materi menulis cerpen. Hasil analisis data menunjukkan terdapat korelasi antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Adanya korelasi karena berpikir kritis dapat memberdayakan dan meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia.