Hubungan Regulasi Emosi dengan Hasil Belajar Siswa
(1) SMA 4 Padang 1, Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Siska Saputra
DOI : https://doi.org/10.24036/02017637698-0-00
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh regulasi emosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan regulasi emosi, hasil belajar, dan identifikasi hubungan antara regulasi emosi dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X, yang terdaftar pada tahun 2014/2015 sebanyak 284 orang. Jumlah sampel yaitu 166 orang siswa, yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi regulasi emosi yang dimiliki siswa berada pada kategori sedang, hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi, dan terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi emosi dengan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini diharapkan guru BK dapat menyusun program kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling berkaitan dengan pengenalan emosi, pemicu munculnya emosi, pengendalian prilaku agresif, serta motivasi diri melalui berbagai jenis kegiatan layanan BK. Materi tersebut berguna untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam mengelola emosi yang muncul dalam proses belajar di sekolah.
Keywords
References
Ackley, D. (2016). Emotional intelligence: A practical review of models, measures, and applications. Consulting Psychology Journal: Practice and Research, 68(4), 269.
Ardi, Z., & Yendi, F. M. (2017). Students Attitude Towards LGBTQ; the Future Counselor Challenges. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(2), 74-79.
Ardi, Z., Yendi, F. M., & Ifdil, I. (2013). Konseling Online: Sebuah Pendekatan Teknologi Dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 1-5.
Bordens, K. S., & Abbott, B. B. (2002). Research design and methods: A process approach. McGraw-Hill.
Corno, L. (2001). Volitional aspects of self-regulated learning. Self-regulated learning and academic achievement: Theoretical perspectives, 2, 191-225.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Gottman, J. 2001. Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional (Terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hadiwijaya, H., & Hutasoit, G. (2017). Effect of Emotional Intelligence on Student Learning Achievement. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 7(1), 29-39.
Hamzah. B. Uno. 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Maharani, A. (2017). Mengenal Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 63-70.
Meci Handayani. 2014. “Hubungan Kreativitas dengan Hasil Belajar Siswa” Skripsi tidak diterbitkan. Padang: BK FIP UNP.
Muhibbin Syah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Nana Sudjana. 2013. Dasar-dasar Proses Pelajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nawawi. 2010. Dasar-dasar Perencanaan Pengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persanda.
Oemar Hamalik. 2002. Psikologi Mengajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Pajares, F. (2008). Motivational role of self-efficacy beliefs in self-regulated learning. Motivation and self-regulated learning: Theory, research, and applications, 111139.
Pratisti, W. D. (2012). Peran kehidupan emosional Ibu, Budaya dan Karakteristik Remaja Pada Regulasi Emosi Remaja.
Pratisti, W. D., & Prihartanti, N. (2012). Konsep Mawas Diri Suryomentaram dengan Regulasi Emosi.
Schwartz, M. H. (2003). Teaching law students to be self-regulated learners. L. Rev. MSU-DCL, 447.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, D. (2000). Metode Penelitian. Bandung: CV Alvabeta.
Syahadat, Y. M. (2013). Pelatihan regulasi emosi untuk menurunkan perilaku agresif pada anak. HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia), 10(1), 19-36.
Article Metrics
Abstract Views : 4191 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1652 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Siska Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.