Penerapan Model Pembelajaran dengan Strategi (Merasa) BMB3 pada Proses Pembelajaran
(1) STAI YKI Sumbar  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Yusida Imran
DOI : https://doi.org/10.24036/02017637694-0-00
Full Text: Language : en
Abstract
Banyak unsur yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau mutu pendidikan dalam proses pembelajaran seperti peran guru dan konselor sebagai pendidik, demikian pula menyangkut strategi belajar dan perencanaan pembelajaran, ruang kelas yang efektif yang didirikan pada penghargaan, baik pribadi dan intelektual, penghargaan pribadi telah disajikan dalam hal menghormati setiap orang. Untuk itu dengan mencobakan suatu strategi seperti bagaimana siswa mampu merasa, dalam konteks penerapan proses belajar mengajar yang dilakukan di kelas adalah sebuah strategi pembelajaran yang diharapkan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, yang diterapkan oleh Guru pada peserta didiknya. Pengembangan model pembelajaran merupakan usaha untuk menciptakan suatu strategi pembelajaran yang mengakibatkan siswa mampu mencapai tujuan belajar. Ini menuntut kemahiran guru memahami jenis atau bentuk model pembelajaran yang baik. Salah satu model pembelajaran yang baik adalah dapat mempermudah atau memperbaiki kondisi yang ada, sehingga terwujudlah tujuan pendidikan yang dituangkan dalam Undang-Undang Sisdiknas.
Keywords
References
Ardi, Z., Yendi, F. M., & Ifdil, I. (2013). Konseling Online: Sebuah Pendekatan Teknologi Dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 1-5.
Ariani, D. W. (2014). Manajemen Kualitas.
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-21.
Desyafmi, H., Firman, F., & Ifdil, I. (2016). Peningkatan Motivasi Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Melalui Layanan Informasi. Konselor, 3(1), 35-41.
Dollarhide T. Collete dan Sakinaq A. Kelli. (2008).Comprehenshive School Counseling Programs, USA: Library of Congress Cataloging.
Erford T. Bradley. (2004). Professional School Counseling, America: Caps Press.
Hasbullah. (1997). Dasar-Dasar Ilmu pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).
Jamal Ma’mur Asmani. (2011).Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di sekolah, Jogjakarta: Diva Press.
Johnson B. Elaine. (2006).Contextual teaching & Learning(terjemahan): Bandung: MLC
Narwanti Sri. (2011). Pendidikan Karakter (Pengintekrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter Dalam Mata Pelajaran) Yogyakarta: Group Relasi Inti Media.
Prayitno. (2011) (a). Model Pendidikan Karakter Cerdas. Padang: UNP-Press.
Prayitno. (2011) (b) Panduan Pengembangan Penghayatan dan Pengamalan Nilai-Nilai Karakter-Cerdas (P3N-KC). Padang: UNP-Press.
Prayitno, P., Mungin Eddy, W., Marjohan, M., Heru, M., & Ifdil, I. (2015). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan: Paramitra Publishing.
Purwanto, M, Ngalim. (1991). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011)Sanjaya,W. (2008). Perencanaan dan disain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. AM. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
Sciarra T. Daniel. (2004). SchoolCounseling Foundation and Contemporary issues. Canada: Brooks Cole.
Silberman.L Melvin. (1996).Active Learning, Boston: Allyn and Bacon.
Suardana, I. N. (2006). Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kooperatif berbantuan modul untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan Kimia Fisika I. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 4, 751-764.
Tahar, I. (2006). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan dan Jarak Jauh, 7(2), 91-101
Taufik, T., Ifdil, I. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 143-150.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 2.
Wardhani, I. G. (2014). Penelitian tindakan kelas.
Wena., Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Suatu tujuanKonseptual Operasional. Jakarta.: Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract Views : 6506 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 752 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Yusida Imran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.