Persepsi Orangtua tentang Pendidikan
(1)   Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2017 wira solina
DOI : https://doi.org/10.24036/02017637691-0-00
Full Text: Language : id
Abstract
Beberapa orangtua Siswa di SMAN 1 Ulakan Tapakis masih beranggapan bahwa pendidikan untuk anak tidak terlalu penting, indikasinya masih adanya orangtua yang beranggapan bahwa anak cukup bisa membaca dan menghitung, adanya orangtua acuh tak acuh mengenai pendidikan anak. Orangtua beranggapan bahwa sekolah tidak terlalu penting sebab pada akhirnya jadi pengangguran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif . Sampel penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMAN 1 Ulakan Tapakis sebanyak 156 orang, penarikan sampel menggunakan teknik Propotional Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala sikap model likert. Hasil uji reliabilitas persepsi orangtua tentang pendidikan sebesar 0,952. Hasil uji validitas rata-rata instrumen persepsi orangtua tentang pendidikan sebesar 0,685. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orangtua tentang pendidikan berada pada kategori positif.
Keywords
References
Apriastuti, D. A. (2013). Analisis Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia 48–60 Bulan. Jurnal Bidan Prada, 4(01).
Ardi, Z., & Yendi, F. M. (2017). Students Attitude Towards LGBTQ; the Future Counselor Challenges. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(2), 74-79.
Ardi, Z., Yendi, F. M., & Ifdil, I. (2013). Konseling Online: Sebuah Pendekatan Teknologi Dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 1-5.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2012). Motivation, personality, and development within embedded social contexts: An overview of self-determination theory. The Oxford handbook of human motivation, 85-107.
Diana, N. (2017). Manajemen Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Lampung (Analisis Eksploratif Mencari Basis Filosofis). Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 183-208.
Direktorat Pembina Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. (2013). Materi Bimbingan Teknis Pengembangan Karir Guru BK Dikmen. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hodgetts, S., Nicholas, D., Zwaigenbaum, L., & McConnell, D. (2013). Parents' and professionals' perceptions of family-centered care for children with autism spectrum disorder across service sectors. Social Science & Medicine, 96, 138-146.
Hornby, G., & Lafaele, R. (2011). Barriers to parental involvement in education: An explanatory model. Educational Review, 63(1), 37-52.
Ihsan, F. (2010). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Janti, S. (2014). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan Si/Ti Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen. In Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) (pp. 155-160).
Levy, P. S., & Lemeshow, S. (2013). Sampling of populations: methods and applications. John Wiley & Sons.
Mudhofir, A. (2012). Pendidik profesional: konsep, strategi, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada.
Nurkhasanah, Y. (2017). Persepsi dan Motivasi Ibu terhadap Pemilihan Ponpes sebagai Tempat Pendidikan Bagi Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 1-22.
Prayitno. (2013). Konseling Integritas. Padang: UNP
Rosipah, I. (2017). Model Advokasi Sosial dalam Pemenuhan Hak Identitas Anak (Studi Aksesibilitas Pendidikan Anak yang Tinggal di LKSA Al-Qomariyah) (Doctoral dissertation, Perpustakaan).
Scheaffer, R. L., Mendenhall III, W., Ott, R. L., & Gerow, K. G. (2011). Elementary survey sampling. Cengage Learning.
Siregar, N. S. S. (2017). Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 1(1), 11-27.
Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif.
Supriyanto, A., & Bambang Sumardjoko, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sragen (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tirtarahardja, U., & Sulo, L. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Wen, M., & Lin, D. (2012). Child development in rural China: Children left behind by their migrant parents and children of nonmigrant families. Child development, 83(1), 120-136.
Article Metrics
Abstract Views : 2486 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 745 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 wira solina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.