Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Konselor
DOI : https://doi.org/10.24036/02016536554-0-00
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Al-Hebaish, Safaa Mohammad. (2012). “The Correlation between General Self-Confidence and Academic Achievement in the Oral Presentation Course”. Journal Theory and Practice in Language Studies, Vol. 2 (1): 60-65.
Arifin, Hermadi Fajar. (2011). “Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Komunikasi Interpersonal Santri di Pondok Pesantren Modern Islami Assalam, Surakarta Solo”. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Aswida, Wela., Marjohan, dan Syukur, Yarmis. 2012. “Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasn Berkomunikasi pada Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 1(1):1-11.
DeVito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Terjemahan oleh Agus. M. Jakarta: Karisma Publishing Group.
Effendy, Onong Uchjana. (2004). Komunikasi: Teori dan praktek. Bandung: Remaja.
Fatimah, Enung. (2010). Psikologi Perkembangan: Perkembangan peserta didik. Jakarta: Pustaka Setia.
Goel, M. dan Aggarwal, P. (2012). “A Comparative Study of Self Confidence of Single Child and Child with Sibling”. International Journal of Research In Social Sciences, Vol. 2 (3): 89-98.
Goleman, D. (1997). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional): Mengapa EI lebih penting daripada IQ. Terjemahan T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, Thursan. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hidayat, Dasrun. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mardes, Siska. (2016). “Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: UNP.
Mulyani, Sri. (2008). “Analisis Pengaruh faktor-faktor Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Perawat dengan Pasien di Unit Rawat Inap RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang”. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Diponegoro.
Nurnaningsih. (2011). “Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Journal. 1: 268-278.
Petter, P.A., dan Perry, A.G. (1993). Fundamental of Nursing. St. Louis: Mosby Year Book.
Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI.
Prayitno, Mungin Eddy Wibowo, Marjohan, Heru Mugiarso, dan Ifdil. (2013). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Jakarta: ABKIN.
Rakhmat, Jalaluddin. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Replubika. (2012). Sebanyak 70 persen Anak Inggris Sulit Berkomunikasi, Mengapa?. www.republika.co.id. (Online) diakses 30 Maret 2015.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence (Perkembangan Remaja). Jakarta: Erlangga.
Siska, Sudardjo, dan Purnamaningsih, Esti Hayu. (2003). “Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa”. Jurnal Psikologi, Vol. 2:67-71.
Sutisna, C. (2010). “Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Strategi Layanan Bimbingan Kelompok: Studi eksperimen di SMAN 16 Bandung tahun pembelajaran 2009/2010. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
Syahriman. (2004). “Kefektifan Materi Kecerddasan Emosi Dalam Layanan Bimbingan Kelompok”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Pascasarjana UNP.
Trisnaningtya, Esti., dan Nursalim, Mochamad. (2010). “Penerapan Latihan Asertif untuk Meningkatkakn keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa”. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Vol. 11 (1): 30-35.
Yudayanti, N.L.S., Antari, N.N.M., dan Dantes. (2014). “Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Pengutan Positif untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X MIA 2 SMA Negeri 3 Singaraja”. Vol. 2(1): 21-28.
Yusuf, Syamsu. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Zayiroh. (2007). “Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Perilaku Komunikasi Interpersonal Siswa di SMA Negeri 1 Ungaran”. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
Article Metrics
Abstract Views : 5088 timesPDF Downloaded : 3990 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Konselor