Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling
![](/public/amplop.jpg)
(1) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(2) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
(3) Universitas Negeri Padang 
![](http://journal.redwhitepress.com/public/country.png)
![](/public/amplop.jpg)
Copyright (c) 2017 Konselor
DOI : https://doi.org/10.24036/02016536554-0-00
Full Text:
![](/public/downloadpdf.png)
Abstract
Keywords
References
Al-Hebaish, Safaa Mohammad. (2012). “The Correlation between General Self-Confidence and Academic Achievement in the Oral Presentation Course”. Journal Theory and Practice in Language Studies, Vol. 2 (1): 60-65.
Arifin, Hermadi Fajar. (2011). “Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Komunikasi Interpersonal Santri di Pondok Pesantren Modern Islami Assalam, Surakarta Solo”. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Aswida, Wela., Marjohan, dan Syukur, Yarmis. 2012. “Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasn Berkomunikasi pada Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 1(1):1-11.
DeVito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Terjemahan oleh Agus. M. Jakarta: Karisma Publishing Group.
Effendy, Onong Uchjana. (2004). Komunikasi: Teori dan praktek. Bandung: Remaja.
Fatimah, Enung. (2010). Psikologi Perkembangan: Perkembangan peserta didik. Jakarta: Pustaka Setia.
Goel, M. dan Aggarwal, P. (2012). “A Comparative Study of Self Confidence of Single Child and Child with Sibling”. International Journal of Research In Social Sciences, Vol. 2 (3): 89-98.
Goleman, D. (1997). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional): Mengapa EI lebih penting daripada IQ. Terjemahan T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, Thursan. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hidayat, Dasrun. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mardes, Siska. (2016). “Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: UNP.
Mulyani, Sri. (2008). “Analisis Pengaruh faktor-faktor Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Perawat dengan Pasien di Unit Rawat Inap RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang”. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Diponegoro.
Nurnaningsih. (2011). “Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Journal. 1: 268-278.
Petter, P.A., dan Perry, A.G. (1993). Fundamental of Nursing. St. Louis: Mosby Year Book.
Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI.
Prayitno, Mungin Eddy Wibowo, Marjohan, Heru Mugiarso, dan Ifdil. (2013). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Jakarta: ABKIN.
Rakhmat, Jalaluddin. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Replubika. (2012). Sebanyak 70 persen Anak Inggris Sulit Berkomunikasi, Mengapa?. www.republika.co.id. (Online) diakses 30 Maret 2015.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence (Perkembangan Remaja). Jakarta: Erlangga.
Siska, Sudardjo, dan Purnamaningsih, Esti Hayu. (2003). “Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa”. Jurnal Psikologi, Vol. 2:67-71.
Sutisna, C. (2010). “Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Strategi Layanan Bimbingan Kelompok: Studi eksperimen di SMAN 16 Bandung tahun pembelajaran 2009/2010. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
Syahriman. (2004). “Kefektifan Materi Kecerddasan Emosi Dalam Layanan Bimbingan Kelompok”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Pascasarjana UNP.
Trisnaningtya, Esti., dan Nursalim, Mochamad. (2010). “Penerapan Latihan Asertif untuk Meningkatkakn keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa”. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Vol. 11 (1): 30-35.
Yudayanti, N.L.S., Antari, N.N.M., dan Dantes. (2014). “Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Pengutan Positif untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X MIA 2 SMA Negeri 3 Singaraja”. Vol. 2(1): 21-28.
Yusuf, Syamsu. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Zayiroh. (2007). “Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Perilaku Komunikasi Interpersonal Siswa di SMA Negeri 1 Ungaran”. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
Article Metrics
![](/public/grafik.png)
![](/public/pdf.jpg)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Konselor