Usaha Kaum Mudo Minangkabau dalam Pembaharuan Pendidikan Islam dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Arnelis Arnelis(1), Marjohan Marjohan(2), Syahniar Syahniar(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Konselor

DOI : https://doi.org/10.24036/02016536505-0-00

Full Text:    Language : en

Abstract


Lembaga pendidikan Islam di Minangkabau  pada awal abad 20 yaitu surau, masih tradisional dan sangat sederhana sekali dilaksanakan secara informal dalam rangka dakwah Islam. Pendidikan dimulai dengan mempelajari abjad huruf Arab  dan bacanan kitab suci al-Qur’an. Kemudian dilanjutkan dengan pengajian kitab-kitab lain, seperti kitab fiqh, Nahu, Sharaf, dan tasauf. Ilmu pengetahuan umum sama sekali belum diajarkan di lembaga pendidikan ini. Berdasarkan kondisi tersebut, maka kaum mudo Minangkabau melakukan pembaharuan terhadap Pendidikan Islam. Usaha ini tidak terlepas dari konsep manusia sebagai khalifah di muka bumi yang bertugas mengatur dan menjalani kehidupan secara baik. Menjalani kehidupan secara baik tentunya manusia secara umum dan murid di madrasah/ sekolah secara khusus membutuhkan arahan dalam mewujudkan dirinya untuk melaksanakan tugas-tugas sebagai khalifah tersebut.  Pelayanan bimbingan konseling di madrasah/ sekolah memegang peranan dalam membantu siswa agar dapat mengenal dan menerima diri sendiri, mengenal dan menerima lingkungan secara positif dan dinamis, serta mampu mengambil keputusan, mengarahkan dan mewujudkan diri sendiri secara efektif dan produktif sesuai dengan peran yang diinginkanya di masa depan. Usaha pembaharuan pendidikan tentunya akan berhasil lebih baik jika dalam pelaksanaannya mengacu pada konsep pelayanan bimbingan dan konseling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana bentuk pembaharuan pendidikan yang dilakukan Kaum Mudo Minangkabau serta implikasinya terhadap pelayanan bimbingan dan konseling. Pemilihan permasalah ini sebagai kajian penelitian karena pembaharuan yang dilaksanakan Kaum Mudo Minangkabau ini merupakan awal kebangkitan pendidikan Islam di Indonesia dan nuansa madrasah yang dikembangkan dalam gerakan pembaharuan ini menjadi corak terhadap kemanjuan pendidikan nasional di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pembaharuan pendidikan Islam di Minangkabau dilakukan secara bertahap dengan mengacu kepada pembaharuan terhadap lembaga, metode dan materi pendidikan yang dilaksanakan. Usaha pembaharuan belum menunjukan hasil yang memuaskan untuk madrasah sekarang ini meskipun sudah digalakan sejak lama. Konsep pelayanan bimbingan konseling belum tersentuh dalam usaha pembaharuan ini. Tentunya ke depan pelayanan bimbingan konseling lebih diperkuat untuk mencapai madrasah yang lebih baik dan bermutu.


Keywords


Kaum Mudo Minangkabau, Pembaharuan Pendidikan, Bimbingan dan Konseling

References


Abdullah, Taufik. (1987). Islam dan Masyarakat : Pantulan Sejarah Indonesia. Jakarta : LP3ES

Abdullah, Taufik. (1987). Sejarah dan Masyarakat : Lintasa Historis Islam di Indonesia. Jakarta : Pustaka Panjimas

Abdullah, Taufik. (1988). Sekolah dan Politik Gerakan Kaum Muda di Sumatera Barat. Padang : Unand

Al Syaibani, M. Al Toumy. (1970). Falsafah Pendidikan Islam. Terj. Hasan Langulung. Jakarta : Bulan Bintang

Ali, Fachri dan Bachtiar Efendi. (1986). Merambah Jalan Baru Islam, Rekonstruksi Pemikiran Islam Indonesia Masa Orde Baru. Bandung : MIZAN

Al Maraghi, Ahmad Mustafa. (1974). Terjemah Tafsir al Maraghi. Semarang : CV. Toha Putra

Arifin, M. (1987). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara

Asmuni, Yusran. (1987). Dirasah Islamiyah : Pengantar Studi Pemikiran dan Gerakan Pembaharuan dalam Dunia Islam. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Azra, Azyumardi. (2000). Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Jakarta : Logos Wacana Ilmu

Boechari, Sidi Ibrahim. (1981). Pengaruh Timbal Balik Antara Pendidikan Islam dan Pergerakan Nasional di Minangkabau. Jakarta : Gunung Tiga

Chairusdi. (1999). Sejarah Perjuangan dan Kiprah PERTI dalam Dunia Pendidikan Islam di Minangkabau. Padang : IAIN “IB” Press

Daya, Burhanuddin. (1995). Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam : Kasus Sumatera Thawalib. Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1985). Sekilas Perkembangan Pendidikan di Sematera Barat dan Fungsi Museum Adityawarman. Padang : Proyek Pengembangan Permuseuman Sumatera Barat

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Dhofier, Zamarkasyi. (1985). Tradisi Pesantren : Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta : LP3ES

Edwar (ed). (1981). Riwayat Hidup dan Perjuangan 20 Ulama Besar Sumatera Barat. Padang : Islamic Centre Sumatera Barat

Erizal. (2000). Minangkabau dalam Perubahan. Padang : Yasmin Akbar

Faisal, Sanapiah. (1982). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional

Hamka. (1982). Ayahku : Riwayat Hidup Dr. H. Abdul Karim Amarullah dan Perjuangan Kaum Agama di Sumatera Barat. Jakarta : Umminda

Hamka. (1984). Islam dan Adat Minangkabau. Jakarta : Pustaka Panjimas

Harun, Maidir. (2000). Islam dan Beberapa Masalah Kontemporer. Jakarta : The Minangkabau Foundation

Jalaluddin. (1990). Studi tentang Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia (Disertasi). Jakarta : Program Pascasarjana IAIN Syarif Hidayatullah

Madjid, Nurchalish. (1997). Islam Kemodernan dan Keindonesiaan. Bandung : MIZAN

Mansoer, M.D. (1970). Sejarah Minangkabau. Jakarta : Bhatara

Marimba, M. Ahmad D. (1980). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : PT. Al Maarif

Mukhtar, Armen. (1999). Wawasan Pendidikan dalam Al Qur’an. Padang : IAIN “IB” Press

Nata, Abudin. (2001). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Nazar, Elwis. (2001). Normal Islam di Padang. Padang : IAIN “IB” Press

Nazwar, Akhria. (1983). Ahmad Khatib Ilmuwan Islam di Permulaan Abad Ini. Jakarta : Pustaka Panjimas

Noer, Deliar. (1982). Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900 – 1942. Jakarta : LP3ES

Pengurus Perguruan Diniyah Putri Padang Panjang. (1991). Hj. Rahmah Elyunusiah dan Zainudin Labay El Yunusi, Riwayat Hidup, Cita-Cita dan Perjuangan. Padang Panjang

Prayitno. (1997). Seri Pemamndu Pelakasanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah (buku II). Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Scririeke, B.J.O. (1973). Pergolakan Agama di Sumatera Barat : Sumbangan Sebuah Bibliografi. Jakarta : Bhratara.

Shaleh, Abdul Rahman. (1993). Konsepsi dan Pengantar Dasar Pembaharuan Pendidikan Islam. Jakarta : DPP GUPPI

Suminto, Agib. (1985). Politik Islam Hindia Belanda. Jakarta : LP3ES

Syahrudin, Amir. (1999). Integrasi IMTAQ dan IPTEK. Bandung : Syamza Offset

Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah. (1992). Ensiklopedi Islam Indonesia. Jakarta : Penerbit Djambatan

Tim Penulis Fakultas Tarbiyah. (2002). Jurnal Pemikiran Islam dan Kependidikan al Ta’lim. Padang : Fak. Tarbiyah IAIN “IB” Padang Vol. VIII No. 13

Trauna, Dody. S dan Ismatu Ropi (ed). (2002). Pranata Islam di Indonesia, Pergulatan Sosial, Politik, Hukum dan Pendidikan. Jakarta : Logos Wacana Ilmu

Usman, Hasan. (1986). Metode Penelitian Sejarah. Jakarta : Departemen Agama

Yunus, Mahmud. (1977). Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta : Hidakarya Agung

Yunus, Mahmud. (1993). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta : Hidakarya Agung

Zuhairini, dkk. (1997). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara


Article Metrics

 Abstract Views : 5404 times
 PDF Downloaded : 964 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Konselor