THE IMPLEMENTATION OF SCIENTIFIC APPROACH IN TEACHING ENGLISH AT THE TENTH GRADE OF SENIOR HIGH SCHOOL 7 PADANG
(1) AKBP-STIE “KBP” Padang Jln. Khatib Sulaiman Padang, Sumatera Barat, Indonesia  Indonesia
(2) FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni
DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v17i1.8113
Full Text: Language : en
Abstract
Key Words: Implementation, Scientific Approach, Teaching English, 2013 Curriculum
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA KELAS 10
Abstrak
Artikel bertujuan untuk menginvestigasi sejauh mana penerapan Pendekatan Saintifik oleh guru Bahasa Inggris yang mengajar di kelas X SMAN 7 Padang. Peneliti mencoba untuk menemukan penerapan Pendekatan Saintifik dalam proses belajar dan mengajar, penilaian dan permasalahan dalam proses belajar dan mengajar dengan menggunakan Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Observasi langsung untuk melihat kegiatan dan penilaian yang dilakukan oleh guru Bahasa Inggris di dalam kelas. Kemudian, peneliti mengadakan wawancara dengan guru Bahasa Inggris untuk mengetahui sejauh mana penerapan Pendekatan Saintifik dalam proses belajar dan mengajar yang berkaitan dengan observing, questioning, experimenting, associating, and communicating. Kemudian, Permasalahan dalam proses belajar dan mengajar tersebut kemudian diidentifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 69% tahap-tahap pendekatan saintifik diterapkan oleh guru Bahasa Inggris. Akan tetapi dalam penilaian guru Bahasa Inggris hanya menggunakan 62% jenis penilaian berdasarkan Kurikulum 2013. Lalu, dalam proses belajar mengajar terdapat permasalahan yang dihadapi guru Bahasa Inggris di setiap langkah – langkah pada pendekatan saintifik dalam aspek Kurikulum 2013.
Kata Kunci: Implementation, Scientific Approach, Teaching English, 2013 Curriculum
Keywords
References
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
http://news.metrotvnews.com/read/2014/10/19/307023/ini-delapan-masalah-dalam-implementasi-kurikulum-2013 retrieved on 15 Desember 2014
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pedoman Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Kemdikbud.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013a). Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013b). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Jakarta: Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013c). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud..
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013d). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud..
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013e). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyasa. (2013). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian guru dan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Zaim, M. (2013). ‘Asesmen Otentik: Implementasi dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah’. Proceeding International Seminar on Languages and Arts (ISLA) 2. Padang: FBS UNP Press.
Article Metrics
Abstract Views : 3243 timesPDF Downloaded : 548 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.