THE USE OF WRITING LEARNING MEDIA FOR BIPA STUDENTS TO UNDERSTAND LOCAL CULTURE

Asqina Mawadati Nur Setiawan(1), Andayani Andayani(2), Kundharu Saddhono(3),
(1)   Indonesia
(2) Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.  Indonesia
(3) Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Jawa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v18i1.7730

Full Text:    Language : id

Abstract


PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS BAGI MAHASISWA BIPA UNTUK MEMAHAMI BUDAYA LOKAL

Abstract

 

This research mainly discusses the use of learning media in writing for TISOL (Teaching Indonesia to Speaker of Other Language) students to understand the local culture in UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret. The purpose of this research is to describe the use of learning media of TISOL students to understand local culture. The research method is qualitative descriptive by using naturalistic case study. Data in this research consists of  primary and secondary taken from informants, events and literature review. The technique of collecting data is by using observation, interview and study of document. Validity of data is conducted by using method and source triangulation. The result of analysis and discussion in this research shows that teacher uses learning media particularly in writing skill. Learning media in teaching writing for TISOL students is by using film, local music, picture, demonstration media, and real life of community. Furthermore, learning outside the class is conducted so that students are able to apply learning material directly in understanding local culture and improving writing skill.

Keywords: media, writing skill, TISOL, local culture

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran menulis bagi mahasiswa BIPA untuk memahami budaya lokal di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan media pembelajaran menulis bagi mahasiswa BIPA untuk memahami budaya lokal. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus yang bersifat naturalistik. Data dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder dengan sumber data berupa informan, peristiwa, dan studi pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Validitas data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengajar menggunakan media pembelajaran, terutama pada keterampilan menulis. Media pembelajaran keterampilan menulis dalam pembelajaran BIPA adalah media film, musik lokal, gambar, media demonstrasi, serta kehidupan masyarakat sekitar. Selain itu, dilakukan pula pembelajaran di luar kelas agar mahasiswa dapat menerapkan materi belajar secara langsung untuk memahami budaya lokal dan meningkatkan keterampilan menulis.

Kata kunci: media, pembelajaran menulis, BIPA, budaya lokal.


References


Agustina, R., Andayani & Wardhani, N. E. (2013). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di UPT P2B Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 11 (1), 140-148.

Agustina, Ramadhan S., & Asri, Y. (2016). Local Wisdom in the Modern Short Stories by Minangkabau Writers. Humanus, 15 (1), 14-31.

Andayani. (2016). Improving the Language Skills and Local Cultural Understanding with Integrative Learning in Teaching Indonesian to Speakers of Other Languages (TISOL). International Journal of Language and Linguistics, 3 (2), 82-95.

Aqib, Z. (2015). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Ariani, N & Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Astuti, F. (2016). Menumbuhkan Nilai-nilai Kearifan Lokal Melalui Karya Tari Koreografer Perempuan di Sumatera Barat: Suatu Tinjauan Gender. Humanus, 15 (1), 53-60.

Bertram, C. (2010). Using Media in Teaching. South African: The SAIDE Teacher Education Series.

Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dona, P. (2016). Perancangan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dengan Pengenalan Budaya di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan Pengajar BIPA (PITABIPA), 4 (2), 142-156.

Hartati, T. (2008). Peranan Bahasa dalam Penelitian di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dasar, 13 (10), 20-28.

Kusmiyatun, A. (2016). Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.

Loren, F. T. A. (2017). The Use of Learning on Listening Skills in Teaching Indonesian to Speakers of Other Language (TISOL). Lingua Didaktika, 11 (1), 1-12.

Mansan, S. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Program Darmasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Online) dalam eprints.ums.ac.id diakses pada 27 Juli 2017 pukul 11.49 WIB. Naskah Publikasi Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Megawati, C. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran BIPA Tingkat Menengah Melalui E-Book Interaktif di Program Incountry Universitas Negeri Malang Tahun 2014. NOSI, 2 (1), 42-58.

Rohmadi, M. (2010). Pragmatik: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sadiman, A. (2005). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman, A. S. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanaky, H. A. H. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sartini, N. A. (2009). Menggali Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Lewat Ungkapan (Babasan, Saloka, dan Peribahasa). LOGAT: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, V (1), 18-31.

Sudjana, N & Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suyitno, I. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Wacana, 9 (1), 62-78.

Tasai, A. & Zaidan, A. R. (2002). Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Umar. (2013). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 10 (2), 13-26.

Widiastuti. (2013). Analisis Swot Keragaman Budaya Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya, 1 (1), 8-14.


Article Metrics

 Abstract Views : 1114 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 221 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni