Abstract
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBANTUAN PETA PIKIRAN PADA MATERI MENULIS MAKALAH SISWA KELAS XI SMA/MA
AbstractThe aim of this research is to produce a module of Indonesian language learning material with mind mapping in writing paper ability which are valid, practice, and effective to be used by the XI grade students of SMA/MA. This research tends to research and development research by using 4-D model of development. Development activities are started by identification, design, and development. Data of this research belongs to quantitative that is got by assessment of valuator, Indonesian teacher, students, and the result of students in learning Indonesian. Based on the analysis and discussion of data, the writer gives many conclusions. First, validation of module of Indonesian language learning material with mind mapping in writing paper ability at the XI grade students of SMA Negeri 1 Batangtoru tends to very valid with 94,89. Second, practicability of the modul can be said as very practice with 81.71. Third, effectiveness of the module tends to very effective with 86,74 from students and completeness show the result of learning is good category or 76.85 (34 students from 39 students). Therefore, it can be concluded that the module which is developed can be used as learning material in the school, especially for the XI grade students of SMA Negeri 1 Batangtoru in writing paper ability.
Key Words: learning module, mind map, writing paper
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul materi pembelajaran bahasa Indonesia berbantuan peta pikiran mengajar menulis makalah yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan oleh siswa kelas XI SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan penelitian dengan menggunakan model pengembangan 4 dimensi. Kegiatan pengembangan dimulai dengan identifikasi, desain, dan pengembangan. Data penelitian ini termasuk kuantitatif yang didapat dengan penilaian penilai, guru bahasa Indonesia, siswa, dan hasil belajar siswa bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis dan pembahasan data, penulis memberikan beberapa simpulan. Pertama, validasi modul materi pembelajaran bahasa Indonesia dengan pemetaan pikiran dalam kemampuan menulis kertas pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batangtoru cenderung sangat valid dengan 94,89. Kedua, kepraktisan modul bisa dikatakan sangat praktis dengan 81,71. Ketiga, keefektifan modul cenderung sangat efektif dengan 86,74 siswa dan kelengkapan menunjukkan hasil belajar adalah kategori baik atau 76,85 (34 siswa dari 39 siswa). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di sekolah, khususnya bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batangtoru dalam menulis kemampuan menulis.
Kata kunci: modul pembelajaran, mind map, writing paper