Abstract
KONTRIBUSI SIKAP BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU
AbstractThis research aims to describe (1) the contribution learning attitude toward short story writing skills; (2) the contribution vocabulary mastery toward short story writing skills and (3) the contribution learning attitude and vocabulary mastery toward short story writing skills student 9th grade at SMP Negeri 1 Rambah Samo, Rokan Hulu Regency.This study uses a quantitative approach with descriptive methods and using correlational design. The study population was all 9th grade students of SMP Negeri 1 Rambah Samo totaling 119 people. Data were analyzed using Pearson correlation test of Product Moment (PPM), a double correlation test, t-test, F-test, and determinant coefficient formula to determine the contribution of independent variables on the dependent variable, either single or simultaneous. Results of this study are as follows: (1) learning attitude make a significant contribution to short story writing skills; (2) vocabulary contributed significantly to short story writing skills; (3) learning attitude and vocabulary mastery together make a significant contribution to short story writing skills. Thus, it can be concluded that learning attitude and vocabulary mastery, either single or simultaneous provide a significant contribution to short story writing skills of student 9th grade at SMP Negeri 1 Rambah Samo, Rokan Hulu Regency.
Keyword: learning attitude, vocabulary mastery, short story.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) kontribusi sikap belajar terhadap keterampilan menulis cerpen; (2) kontribusi penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen, dan (3) kontribusi sikap belajar dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rambah Samo yang berjumlah 119 orang. Data penelitian ini berupa skor hasil sikap belajar, skor hasil penguasaan kosakata, dan skor hasil keterampilan menulis cerpen yang diubah ke dalam bentuk nilai. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment (PPM), uji korelasi ganda, uji t, uji F, dan rumus koefesien determinan untuk mengetahui besar kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) sikap belajar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen;(2)penguasaan kosakata memberikankontribusi yang signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen;(3) sikap belajar dan penguasaan kosakata secarabersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sikap belajar dan penguasaan kosakata, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu.
Kata kunci: sikap belajar, penguasaan kosakata, cerpen.