The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan strategi-stategi membaca berdasarkan Genre Based Approach guna menigkatkan pencapaian nilai membaca siswa. penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi membaca berdasarkan konsep Genre Based Approach yang terdiri dari empat langkah yaitu building context of the text, modeling the text, joint construct of the text, dan independent construction of the text. Strategi-strategi membaca berdasarkan genre based approach diterapkan melalui tiga fase membaca yaitu, pre-reading phase, whilst reading phase, dan post reading phase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi membaca bisa memperbaiki proses belajar dan mengajar membaca. Simpulan ini bisa dilihat dari hasil tes membaca siswa yang menunjukkan peningkatan dari 12, 5% di siklus 1 ke 70, 8% di siklus 2 dan terakhir di siklus 3 menjadi 83, 3%. Penulis juga melakukan pengamatan dengan menggunakan (contreng) checklist terhadap strategi pengajaran dan keaktifan siswa. Hasil pengamatan menunjukkan hampir semua siswa suka strategi pengajaran guru dan sebagian besar dari siswa sudah aktif. Hasil angket menunjukkan 90% dari siswa tertarik dengan cara pengajaran guru dan 88% dari siswa  tersebut aktif dalam belajar. Data tersebut juga diperkuat oleh informasi dari wawancara yang direkam terhadap 15 siswa pada tiap siklusnya. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa sebagian besar siswa mengatakan mereka tertarik dengan cara guru mengajar dan termotivasi membaca teks berbahasa Inggris

Key words: Students’ Reading Comprehension, Genre based approach, Reading Strategies Derived from Genre Based Approach