The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Kaba Gadih Basanai merupakan karya sastra klasik Minangkabau yang merupakan warisan berharga yang memiliki nilai-nilai budaya yang amat baik bagi kehidupan. Artikel ini membahas kandungan nilai-nilai budaya yang terdapat dalam kaba tersebut dan ditemukan cerita ini mengandung nilai budaya berkaitan dalam hubungan antara manusia dengan Tuhan, alam, masyarakat, orang lain, serta dengan diri sendiri. Nilai budaya yang dominan adalah nilai budaya berserah diri dan berdoa kepada Allah. Nilai budaya manusia mengelola alam dan selaras dengan alam untuk dimanfaatkan dalam meraih harapan. Nilai budaya bermusyawarah, cinta tanah air dan patuh pada adat serta budaya tolong menolong, ramah, kasih sayang, dan patuh pada orang tua ketabahan, berkemauan keras, jujur, terampil, dan sikap waspada. Kelebihan penyampaian nilai budaya dalam kaba ini sangat halus dengan bahasa yang indah dan terkadang melalui pantun-pantun.

Kata Kunci: Sastra lisan, Kaba, Nilai Budaya