The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Konsep belajar mandiri telah mendapat perhatian besar dalam penelitian dan praktik pendidikan selama tiga dekade terakhir. Konsep ini dianggap sebagai suatu pilihan dalam dunia pendidikan modern ini (Scharle & Szabo, 2000) yang menuntut partisipasi yang lebih aktif peserta didik  dan kurangnya ketergantungan kepada guru. Di bidang pembelajaran bahasa, banyak peneliti yang telah mengkaji konsep ini dalam rangka mendapatkan pemahaman yang lebih tentang teori dan praktek pembelajaran otonom. Dua pendekatan yang umum digunakan oleh para peneliti dalam pembelajaran otonom adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Kedua pendekatan dibahas dalam makalah ini untuk mendapatkan perbandingan tentan keuntungan dan kelemahan masing-masing pendekatan yang akan digunakan untuk penelitian pembelajaran otonom. Pendekatan campuran atau kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif juga dibahas dalam makalah ini untuk mendapatkan lebih banyak ide dan pemahaman tentang cara alternatif melakukan penelitian dalam ranah ini.

Kata kunci: Pembelajaran otonom, pendekatan kualitatif, pendekatan kuantitatif, pendekatan campuran