Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat taksonomi kesalahan gramatikal yang dibuat oleh mahasiswa di dalam menulis esei bahasa Inggris. Dua puluh esei yang dikerjakan mahasiswa baru sebagai tugas mata kuliah Writing dijadikan sebagai sumber data penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima belas kelompok kesalahan gramatikal yang dibuat mahasiswa. Lima kelompok utama adalah kesalahan dalam pemilihan kata, kelompok verba, artikel,preposisi, pluralitas, dan ejaan, sedangkan kesalahan tata bahasa lain adalah kesesuaian subjek dan verba, susunan kata dalam kalimat, kesesuaian pronomina, penghilangan pronomina, penggunaan pronomina relativa, kopula, penanda kepunyaan, dan mekanik. Berdasarkan temuan tersebut, guru disarankan agar melakukan pengajaran yang lebih eksplisit tentang aspek gramatikal yang bermasalah tersebut. Di samping itu, guru juga perlu melakukan replikasi untuk melihat taksonomi kesalahan gramatikal yang dibuat oleh mahasiswa yang diajarnya.
Kata kunci: kesalahan gramatikal, koreksi kesalahan, analisis kesalahan, antar bahas