Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses dan Hasil Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka
(1)   Indonesia
(2) Universitas PGRI Sumatera Barat  Indonesia
(3) Universitas PGRI Sumatera Barat  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni
DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v25i1.127975
Full Text: Language : id
Abstract
Faktor internal dan faktor eksternal menjadi faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa. Kedua faktor ini sama-sama berkontribusi meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa Bahasa Indonesia dalam penerapan kurikulum merdeka di SMA Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan motede deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan dua hal berikut ini. Pertama, dari tiga faktor internal yang diteliti, faktor kelelahan yang menjadi faktor mempengaruhi proses belajar siswa. Jika siswa lelah, akan berdampak pada kesehatan dan berakibat pada proses dan hasil belajarnya. Kedua, dari tiga faktor eksternal yang diteliti, faktor keluarga khusunya cara orangtua mendidik menjadi faktor paling mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa. Didikan orangtua erat kaitannya dengan proses dan hasil belajarnya. Didikan orangtua yang baik yaitu dengan memperhatikan anak, memberi motivasi, dorongan dan semangat belajar. Penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukan dan perbandingan untuk penelitian berikutnya yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa.
References
Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Abidin, Yunus. 2009. Keterampilan Menulis dan Berbicara Akademik Pengantar Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian : Bahasa Indonesia. Bandung : Penerbit Rizqi Press.
Aenon, N., Iskandar, I., & Rejeki, H. S. (2020).Faktor faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar pendidikan jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(2), 149-158.
Ainia Filsafat, Magister, and Universitas Gadjah Mada. 2020. “Aina Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” 3(3): 95–101.
Anfi, M. A., Abrori, M. S., & Haikal, H. (2023).Peran Orang Tua Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Anak Sejak Dini Di RT 005/RW 005 Gaya Baru III. Berkala Ilmiah Pendidikan, 3(1), 21-30.
Bahruddin dan Esa Nur Wahyuni, 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018).Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(2), 109-116.
Damayani, Implementasi et al. 2022. “Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia.” : 41–48.
Fatmawati, I. 2021. “Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran.” Revorma, Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 1: 20.
Fikri, Amirul, Abna Hidayati, Ulfia Rahmi, and Septriyan Anugrah. 2022. “Pengemabangan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa SD.” Ranah Research : Journal of Multidicsiplinary Research and Development 5(5): 604–13.
Hertanto, E. (2017). Perbedaan Likert 5 Skala dengan Modifikasi Skala Likert empat Skala.Jurnal Metode Penelitian.
Jamil, I. M. (2016).Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 1(1).
Kurniawan, Budi, Ono Wiharna, and Tatang Permana. 2018. “Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif.” Journal of Mechanical Engineering Education 4(2): 156.
Kustiani, Lilik, and Lilik Sri Hariani. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa.” 12(1): 14–22.
Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta : Referensi (GP Press Group).
Munandar, Utami. 2017. Pengembangan kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : PT. Gramedia.
Pratiwi Noor Komari. 2015.. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang” 1: 75–105.
Saefulmilah, R. M. I., & Saway, M. H. M. (2020).Hambatan-hambatan pada pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. Nusantara, 2(3), 393-404.
Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020).Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021. ). Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Gugus Iii CakranegaraProgres Pendidikan, 2(1), 13-19.
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022).Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. Tanggap: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92-109.
Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik.Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).
Siregar, Eveline dan Hartini Nara.2011.Teori Belajar dan Pembelajara. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : PTAsdi Mahasatya.
Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun: Skripsi (Doctoral Dissertation, Tesis, dan Disertasi (M. Apri Nuryanto, S.pd.,ST. (ed.); Cetakakan). ALFABETA,cv.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Alfabeta. Bandung.
Suryabrata, Sumadi. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafinfo Persada
Syafi'i, A Marfiyanto dan Rodiyah, S. K. 2018.Studi tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi.Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.
Rafendi, Tamara Putri et al. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Berbasis Komunikasi dalam Jaringan (Daring) Siswa Kelas IV Selama Pandemi Covid-19 “Jurnal Perseda.” III(3): 115–20.
Raresik, Kadek Ayuning, I Ketut Dibia, and I Wayan Widiana. 2016. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus VI.” MIMBAR PGSD Undiksha 4(1): 1–11.
Ratnasari, Ika Wanda. 2017. “Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” 5(2): 289–93.
Saputri. 2023. “Analisis Penggunaan Bahasa Ibu Dalam Jurnal Karya Ilmiah Pendidik Dan Praktisi SD & MI ( JKIPP ).” 2(September): 87–96.
Savira. 2012. “No Title” : 8–25.
Suminah, Suminah, Imam Gunawan, and Sri Murdiyah. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Behavior Modification.” Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan 3(2): 221–30.
Tanujaya, Chesley. 2017. “Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein.” 2(April).
Article Metrics
Abstract Views : 215 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 69 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.