Efektivitas Penggunaan Teknik Latihan Terbimbing dalam Pembelajaran Menulis Kreatif melalui Media Whatsapp
(1) Sanata Dharma University 
(2) Sanata Dharma University  Indonesia
(3) Sanata Dharma University 
(4) Sanata Dharma University 
Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni
DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v21i2.109044
Full Text: Language : en
Abstract
The study aims to determine the effectiveness of the use of guided training techniques in learning creative writing through whatsapp media during the corona pandemic (covid-19). The population in this study were students of the Indonesian language and literature education study program, Sanata Dharma University totaling 17 people who took creative writing classes. The method used in this research is experiment. Researchers use quasi-experimental methods or pre-experimental design. The experimental design used in this study is one-group pretest-posttest design. Researchers only use one group without requiring a comparison group. Meanwhile, the data analysis technique used in this study is descriptive statistics. Based on the results of the study note that the learning of creative writing using guided training techniques through whatsapp media is carried out according to the principles and characteristics of interactive learning. Then there are differences in the average value between pretest and posttest. Posttest value is greater than pretest (75.05> 66.58). This shows that the use of guided training techniques in learning creative writing through whatsapp media is effective.
Keyword: effectiveness, guided training techniques, whatsapp media, creative writing
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan teknik latihan terbimbing dalam pembelajaran menulis kreatif melalui media whatsapp. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, Universitas Sanata Dharma berjumlah 17 orang yang mengikuti kelas menulis kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Peneliti menggunakan metode eksperimen semu atau pre-Experimental design. Desain eksperimen yang dipakai dalam penelitian ini yaitu one-group pretest-posttest design. Peneliti hanya memakai satu kelompok tanpa memerlukan kelompok pembanding. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran menulis kreatif menggunakan teknik latihan terbimbing melalui whatsapp dilakukan sesuai prinsip pembelajaran interaktif. Kemudian terdapat perbedaan nilai rata-rata antara pretes dan postes. Nilai postes lebih besar daripada pretes (75,05 > 66,58). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik latihan terbimbing dalam pembelajaran menulis kreatif melalui media whatsapp efektif.
Kata kunci: efektifitas, teknik latihan terbimbing, media whatsapp, menulis kreatif
Keywords
References
Anisah, T. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berdasarkan Pengalaman Pribadi dengan Teknik Latihan Terbimbing Berbantuan Media Foto Pribadi Siswa Kelas X-4 SMA Negeri 1 Cepiring Kabupaten Kendal. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.
Chear, S. L. S. (2017). Pengajaran dan Pembelajaran Melalui Aplikasi Whatsapp dan Telegram di Universiti Swasta (Teaching and Learning Through WhatsApp and Telegram Application at a Private University). Jurnal Pendidikan Malaysia (Malaysian Journal of Education), 42(2), 87-97.
Danim, S. (2010). Karya tulis inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ernawati, O. D., & Utami, S. P. (2017). Keefektifan Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi Menggunakan Teknik Akroisitik dan Teknik Latihan Terbimbing Dengan Media Video Keindahan Alam Untuk Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, 1(2), 128–135.
Handayani, P. T. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Mtode Latihan Terbimbing Berbantuan Gambar Puuzzle pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Banyuurip Kabupaten Kendal. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas negeri Semarang.
Juliani, R., & F., & Safaruddin. (2019). Efektivitas Metode Latihan Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Bercocok Tanam Kangkung Hidroponik Kelas VIII di SLB Autisma YPPA Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7, 210–215.
Kurnia & Wahyuddin. (2019). Efektivitas Pembelajaran Interaktif Berbasis Whatsapp Group Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Celebes Education Review, 1(2), 105–111. https://doi.org/10.37541/cer.v1i2.191
Muri, Y. A. (2007). Metodologi penelitian. Padang: UNP Press.
Nainggolan, D. V. (2012). Efektifitas Model Latihan Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Oleh Siswa Kelas X SMA St. Thomas 3 Medan Tahun Pelajaran 2009/2010. Asas: Jurnal Sastra, 1(1), 56890.
Nourbakhsh, N., & Pourmohammadi, M. (2019). European Journal of Foreign Language Teaching The Effect Of Implicit Vs . Explicit Corrective Feedback On Iranian Elementary Efl Learners ’. 62–71. https://doi.org/10.5281/zenodo.3240204
Prayitno, H. W. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Inkuiri dan Latihan Terbimbing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2).
Sianturi S. Helga. (2012). Metode Latihan Terbimbing Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif dalam Pembelajaran Menulis Cerpen. Jurnal Basastra, 1(1) (2012), https://doi.org/10.24114/bss.v1i1
Silvia, J. P. (2007). How to write a lot. Washington: APA life tools.
Singh, K. (2007). Quantitative social research methods. New Delhi: Sage Publication.
Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 8(1), 81-86.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumaryati, E. (2013). Pendekatan Induktif-Deduktif Disertai Strategi Think-Pair-Square-Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Berpikir Kritis Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity Journal, 2(1), 26. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.22
Yarmin, G. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Language dengan Teknik Menulis Jurnal Gusti Yarmi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Jakarta Imroving the Students ’Creative Writing Skills Through Whole Language App. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 8–16.
Zubaidah, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Menulis Cerita Anak Melalui Strategi Menulis Terbimbing. Litera, 14 (1), 157–169. https://doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4415.
Article Metrics
Abstract Views : 534 timesPDF Downloaded : 59 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.