PELATIHAN MENULIS CERPEN BERBASIS MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK SISWA SMP NEGERI 2 NAN SABARIS KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Yulianti Rasyid(1), Yenni Hayati(2), Yasnur Asri(3),
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNP  Indonesia
(2)  
(3)  

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

DOI : https://doi.org/10.24036/komposisi.v20i2.106144

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan pelatihan menulis teks cerpen ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model picture and picture terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa SMP Negeri 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Jenis kegiatam ini adalah pembinaan dan pelatihan yang bersifat kuantitatif dengan metode eksperimen dengan design  One Group Pretest and Posttest Design. Jumlah populasi 247 peserta didik, sedangkan untuk pelatihan ini dipilih siswa kelas VII.6 SMP Negeri Nan Sabaris jumlah 30 peserta didik  yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Ada dua variable dalam kegiatan pelatihan ini, yaitu keterampilan keterampilan menulis teks cerpen peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model picture and picture.Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja. Data kegiatan pelatihan ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen  peserta didik  kelas VII SMP Negeri  2 Nan Sabaris sebelum dan sesudah menggunakan model picture and picture.

Ada tiga hasil yang ditemukan melalui kegiatan pelatihan ini, yaitu: (1) keterampilan menulis teks cerpenpeserta didik kelas VII.6 SMP Negeri 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman sebelum menggunakan model picture and picture berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 61,94; (2) keterampilan menulis teks cerpen peserta didik  siswa SMP Negeri 2 Nan Sabaris sesudah menggunakan model picture and pictureberada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 81,53; dan (3) keterampilan menulis teks cerpen  siswa  SMP Negeri 2 Nan Sabaris Kabupaten  Padang Pariaman sesudah dilatih dengan menggunakan model picture and picturelebih baik daripada sebelum menggunakan model picture and picture. Berdasarkan hasil uji-t, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan yang diberikan dengan menggunakan model picture and pictureterhadap keterampilan menulis teks cerpen peserta SMP Negeri 2 Nan Sabarais Kabupaten Padang Pariaman karena nilai thitung>ttabel(7,10> 1,70). Maksudnya adalah keterampilan menulis teks peserta didik  SMP Negeri 2 Nan Sabaris Kabupaten  Padang Pariaman sesudah dilakukan pelatihan dengan menggunakan model picture and picture  lebih baik dibandingkan keterampilan menulis teks cerpen peserta didik   kelas VII.6  SMP Negeri 2 Nan Sabarais Kabupaten  Padang Pariaman sebelum menggunakan model picture and picture.Dengan demikian, model picture and picture dapat diterapkan dalam pembinaan dan pelatihan keterampilan menulis teks cerpen.


Keywords


pelatihan, menulis, cerpen, model, picture and picture

Article Metrics

 Abstract Views : 323 times
 PDF Downloaded : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.