Efektivitas Bermain Papan Pasak Untuk Meningkatkan ketahanan Duduk Anak Down Syndrome Di kelas VII SLB Wacana Asih Padang

Cindri Wulan Alam Sari(1), Mega Iswari(2), Yarmis Hasan(3),
(1)   Indonesia
(2)  
(3)  

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe85570.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi permasalahan yang terjadi pada anak down syndrome yang berperilaku hiperaktif di kelas VII SLB Wacana Asih Padang yang mengalami hambatan dalam duduk tenang di dalam kelas saat proses belajar. Dari hasil pengamatan anak kurang ketahanan duduknya dan terlihat sulit untuk duduk tenang. Maka dari itu peneliti berupaya membantu untuk meningkatkan ketahanan duduk anak dengan memberikan perlakuan melalui bermain papan pasak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan bermain papan pasak ini dapat meningkatkan ketahanan duduk anak down syndrome. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperiment dalam bentuk single subject research (SSR) dengan desain A-B-A dan analisis data penelitian menggunakan teknik analisis visual grafik.

Hasil Penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (A1) dilakukan sebanyak enam kali, ketahanan duduk anak terletak pada rentang 2-4 menit. Kondisi intervensi (B) dilakukan tujuh kali dengan menggunakan bermain papan pasak, ketahanan duduk anak meningkat, pada rentang 4-7 menit. Kemampuan setelah tidak diberi intervensi(A2) dilakukan 6 kali, ketahanan duduk anak terletak pada rentang 6-8 menit. Persentase overlap pada kondisi baseline (A1) 0% dan kondisi baseline (A2) 71,4%. Dengan demikian bahwa hipotesis diterima, berarti dengan bermain papan pasak dapat meningkatkan ketahanan duduk pada anak down syndrome di kelas VII SLB Wacana Asih Padang. Berdasarkan data hasil penelitian, peneliti memberikan saran bagi guru untuk menggunakan bermain papan pasak dalam meningkatkan ketahanan duduk anak.

Kata kunci : papan pasak, ketahanan duduk, anak down syndrome

Article Metrics

 Abstract Views : 300 times
 PDF Downloaded : 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu