Meningkatkan Kemampuan Mencuci Rambut melalui Analisis Tugas bagi Anak Tunagrahita Sedang” (single subject research kelas VI CI di SDLB Kasih Ibu Pasar Baru Kec. Bayang). Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Anisa Nurul Wahyuni(1), Mega Iswari(2), Fatmawati -(3),
(1)   Indonesia
(2)  
(3)  

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe85550.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan, yakni anak tunagrahita X yang mengalami kesulitan dalam mengurus diri sendiri khususnya mencuci rambut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mencuci rambut melalui analisis tugas bagi anak tunagrahita sedang kelas VI CI di SDLB Kasih Ibu Pasar Baru Kec. Bayang.

Metode penelitian yang digunakan adalah single subject research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A-B. Dimana kondisi A (baseline) adalah kondisi awal anak dalam mencuci rambut sebelum diberikan tindakan 28%. Kondisi B (intervensi) dimana anak diberikan perlakuan melalui analisis tugas dimulai dari menyisir rambut sebelum dicuci, mempersiapkan ember berisi air/kran air, mempersiapkan gayung, mempersiapkan shampo, mempersiapkan handuk, menyiram rambut dengan air hingga basah, mengambil shampo dari tempatnya, membuka tutup botol shampo, menuangkan shampo secukupnya ditelapak tangan, menutup botol shampo, meletakkan shampo ditempatnya, menambahkan air sedikit pada shampo, menggosokkan shampo pada rambut dan kulit kepala secara merata, menggosokkan shampo hingga berbusa kerambut dan kulit kepala secara merata, menggosok rambut bershampo dengan tangan sambil disiram dengan air, menyiram rambut bershampo dengan air sampai bersih, keringkan rambut dengan handuk menggunakan handuk, dan menyisir rambut dengan rapi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada kondisi baseline dilakukan enam kali pengamatan dengan hasil kemampuan 31%, 28%, 28%, 31%, 31%, 31% sebelum diberikan perlakuan sangat rendah dan pada kondisi setelah perlakuan diberikan delapan kali pengamatan kemampuan menunjukkan 42%, 50%, 64%, 78%, 83%, 89%, 89%, 89% terlihat kemampuan anak semakin meningkat. Terbukti rumusan masalah yang dikemukakan terjawab bahwa kegiatan analisis tugas dapat meningkatkan kemampuan mencuci rambut bagi anak tunagrahita sedang  kelas VI/ CI di SDLB Kasih Ibu Pasar Baru Kec. Bayang. Peneliti menyarankan kepada guru agar menggunakan analisis tugas dalam pembelajaran bina diri khususnya mencuci rambut.

Kata kunci: Mencuci Rambut, Analisis Tugas, Tunagrahita Sedang

Article Metrics

 Abstract Views : 807 times
 PDF Downloaded : 496 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-JUPEKhu